4 Amalan Yang Membuat Buka Puasa Kamu Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda, Kamu Wajib Tahu!

4 Amalan Yang Membuat Buka Puasa Kamu Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda, Kamu Wajib Tahu!

Amalan Saat Buka Puasa--Youtube

Adapun hadits yang menjelaskan berbuka puasa dengan kurma adalah sebagai berikut :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air."

BACA JUGA : Hukum Bagi Orang yang Berpuasa Tetapi Sholat Wajibnya Masih Bolong! Apakah sah puasanya?

Hadits diatas mengandung beberapa pelajaran berharga, antara lain :

a. Dianjurkannya untuk bersegera dalam berbuka puasa.

b. Dianjurkannya untuk berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah), apabila tidak ada maka boleh memakan tamr (kurma kering), jika tidak ada pula maka minumlah air.

c. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan beberapa buah kurma sebelum melaksanakan shalat. Hal ini merupakan cara pengaturan yang sangat teliti, karena puasa itu mengosongkan perut dari makanan sehingga liver (hati) tidak mendapatkan suplai makanan dari perut dan tidak dapat mengirimnya ke seluruh sel-sel tubuh. Padahal rasa manis merupakan sesuatu yang sangat cepat meresap dan paling disukai liver (hati) apalagi kalau dalam keadaan basah.

d. Setelah itu, liver (hati) pun memproses dan melumatnya serta mengirim zat yang dihasilkannya ke seluruh anggota tubuh dan otak.

BACA JUGA : Mengapa Kurma Diarjukan Menjadi Hidangan Berbuka Puasa? Berikut Penjelasannya!

3. Tadarus Al-Quran

Amalan ketiga yang bisa kamu lakukan saat menunggu waktu berbuka puasa adalah tadarus Al Quran. Kamu bisa memulai dari waktu ashar sampai menjelang berbuka puasa.

Niatkan hati bulan puasa ramadhan 2024 ini kamu bisa mengkhatamkan Al Quran 30 juz yah.

BACA JUGA : Apakah Marah Dapat Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

4. Berdoa Sebelum dan Tatkala Berbuka Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: