Mengenal dan Menjalankan 10 Amalan di Bulan Ramadhan untuk Mencapai Kebaikan yang Abadi

Mengenal dan Menjalankan 10 Amalan di Bulan Ramadhan untuk Mencapai Kebaikan yang Abadi

Amalan di Bulan Ramadhan--freepik.com

5. Menjaga Ucapan

Puasa bukan sekadar menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga menahan diri dari perkataan yang sia-sia atau kasar. Umat Islam diajarkan untuk menjaga ucapan agar tetap santun dan bermanfaat.

6. Menghindari Hal-hal yang Membatalkan Puasa

Selama bulan Ramadan, umat Islam diminta untuk menghindari segala hal yang dapat membatalkan puasa, seperti berlebihan dalam makan saat berbuka atau melakukan hal-hal yang hanya memuaskan hawa nafsu.

7. Iktikaf di Masjid

Iktikaf adalah bentuk ibadah di mana seseorang berdiam diri di dalam masjid dengan tujuan mencari keridhaan Allah dan merenungkan perbuatan-perbuatannya. Idealnya, iktikaf dilakukan sepanjang bulan Ramadan, namun jika tidak memungkinkan, minimal dilakukan selama sepuluh hari terakhir.

8. Membaca Al-Qur'an

Ramadan adalah bulan di mana Al-Qur'an diturunkan, sehingga membaca dan mengkaji Al-Qur'an adalah amalan yang sangat dianjurkan. Rasulullah SAW dan Jibril bertadarus Al-Qur'an setiap malam di bulan Ramadan.

BACA JUGA : 10 Hal yang Disangka Membatalkan Puasa, Ternyata Tidak Lho!

9. Memperbanyak Sedekah dan Berbagi

Rasulullah SAW adalah sosok yang sangat dermawan, dan kedermawanannya meningkat saat bulan Ramadan. Oleh karena itu, umat Islam diajarkan untuk memperbanyak sedekah dan berbagi kepada sesama, terutama dalam bentuk memberi makan atau minum kepada orang yang berbuka puasa.

10. Qiyam Ramadan

Qiyam Ramadan meliputi salat sunnah tarawih dan salat malam lainnya. Rasulullah SAW bersabda bahwa barangsiapa yang melaksanakan salat malam di bulan Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang lalu akan diampuni.

Demikianlah 10 amalan yang sebaiknya diperbanyak di bulan Ramadan. Semoga dengan memperbanyak amalan baik ini, umat Islam dapat meraih berkah dan keberkahan dalam menjalani ibadah puasa. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: