Mengenal dan Menjalankan 10 Amalan di Bulan Ramadhan untuk Mencapai Kebaikan yang Abadi

Mengenal dan Menjalankan 10 Amalan di Bulan Ramadhan untuk Mencapai Kebaikan yang Abadi

Amalan di Bulan Ramadhan--freepik.com

DISWAY JOGJA – Bulan Ramadan telah tiba lagi, membawa bersamanya atmosfer yang penuh berkah dan keberkatan. Di tengah kehangatan dan kerinduan yang mendalam, umat Muslim di seluruh dunia bersiap untuk menyambut bulan penuh ampunan ini. Ini adalah waktu di mana amalan-amalan kebaikan menjadi lebih ditekankan, di mana setiap langkah kecil yang diambil menuju ketaqwaan dianggap lebih bernilai.

Amalan-amalan di bulan Ramadan tidak hanya terbatas pada puasa dan ibadah ritual semata. Sebagai ganti dari kebutuhan fisik yang ditahan, jiwa pun diajak untuk menggali lebih dalam dalam melakukan amal kebaikan. Banyak yang mengambil momentum ini untuk memperbanyak sedekah, meningkatkan ibadah tilawah Al-Qur'an, serta menyibukkan diri dengan amalan-amalan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Namun demikian, penting untuk diingat bahwa amalan-amalan di bulan Ramadan juga mencakup aspek kemanusiaan. Selain dari kewajiban-kewajiban agama, kebaikan kepada sesama manusia juga ditekankan dengan kuat. Ini adalah saatnya untuk lebih peduli terhadap orang-orang yang membutuhkan, menyebarkan senyum, berbagi kebahagiaan, dan memperluas lingkaran kasih sayang. Dengan demikian, bulan suci ini menjadi kesempatan emas untuk merenungkan makna sejati dari amalan dan menumbuhkan sikap yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA : 5 Mitos dan Fakta Hal yang Dapat Membatalkan Puasa di Bulan Ramadhan, Wajib Diketahui Agar Tidak Keliru!

Berikut 10 amalan penting yang sebaiknya diperbanyak pada bulan Ramadan.

1. Melaksanakan Sahur

Sebelum memulai puasa, disarankan bagi umat Islam untuk melaksanakan sahur. Lebih baik lagi jika sahur dilakukan hingga menjelang waktu yang tidak diragukan lagi, apakah masih malam atau sudah terbit fajar. Rasulullah SAW bersabda, "Umatku senantiasa dalam kebaikan selama mereka menunda sahur dan mempercepat berbuka" (HR Ahmad).

2. Menyegerakan Berbuka Puasa

Menyegerakan berbuka puasa adalah amalan yang mudah namun sangat bernilai. Para sahabat Nabi Muhammad SAW terkenal karena kecepatan mereka dalam berbuka puasa dan menunda sahur.

3. Memperbanyak Doa dan Membaca Doa Saat Berbuka Puasa

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa ada tiga jenis doa yang tidak akan ditolak oleh Allah, salah satunya adalah doa orang yang berpuasa saat berbuka. Oleh karena itu, memperbanyak doa di bulan Ramadan sangat dianjurkan.

4. Mandi Besar

Mandi besar sebelum terbit fajar adalah suatu keharusan bagi umat Islam yang hendak berpuasa. Tujuannya adalah untuk menyucikan diri dari hadas besar sehingga dapat melaksanakan ibadah puasa dalam keadaan suci.

BACA JUGA : 10 Hal yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa Jika Dilakukan Saat Berpuasa! Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: