MPP Alaya Sewagati Kota Tegal Diresmikan Menpan-RB

MPP Alaya Sewagati Kota Tegal Diresmikan Menpan-RB

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono ikut meresmikan Mall Alaya Sewagati Kota Tegal di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024.-DOK.-

TEGAL, DISWAYJOGJA - Sebanyak 16 Mal Pelayanan Publik (MPP) diresmikan bersama oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas. Salah satunya MPP Alaya Sewagati Kota Tegal. Peresmian bersama ditandai dengan penandatanganan prasasti digital oleh Menteri PAN RB yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024. 

Hadir dalam acara tersebut Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin yang ikut dalam peresmian 16 MPP, kehadiran Menkes terkait wacana pemangkasan perijinan di bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Proyek MPP 5 Lantai di Kota Tegal Mulai Pemasangan Interior

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono juga hadir swcara langsung pada acara peresmian bersama MPP dan Penguatan Komitmen Penerapan MPP Digital didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Tegal drg Agus Dwi Sulistyantono, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal Sartono, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Zainal dan Plt Kepala Disdukcapil Kota Tegal Nasrudin Husnul Huluk.

Sebanyak 16 MPP yang diresmikan antara lain dari Kota Tegal, Kabupaten Bangka, Kota Medan, Kabupaten Siak, Kabupaten Sarulangun, Kabupaten Seluma, Kabupaten Mesuji, Kota Sukabumi, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kota Probolinggo, Kabupaten Katingan, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara, Kota Banjarmasin dan Kabupaten Gowa.

Pada acara peresmian MPP tersebut juga sekaligus penandatanagan Komitmen Penerapan Mal Pelayanan Publik Digital (MPPD) yang ada di 60 Kabupaten/Kota.

BACA JUGA:Komisi II DPRD Kota Tegal Dorong Alaya Sewagati Jadi MPP Terbaik

Plt Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB, Herman dalam laporannya menyampaikan bahwa salah satu program prioritas Kementerian PAN RB dalam menerjemahkan arahan presiden adalah akselerasi pembentukan MPP di seluruh Indonesia dan Peningkatan kualitas pengelolaan MPPD.

”Tujuannya untuk memberikan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau dan nyaman bagi masyarakat," ujar Herman.

Sementara itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya mengapresiasi Bupati dan Wali Kota yang pada hari ini diresmikan Mal Pelayanan Publiknya.

Anas menyampaikan ada empat ekosistem pelayanan terintegrasi yang ditargetkan di 250 Kabupaten/Kota pada tahun 2024. Yang pertama adalah direct services atau pelayanan langsung yaitu interaksi antar pelaksana dan penerima layanan dalam hal ini yaitu MPP yang sekarang diresmikan. 

BACA JUGA:Terancam Putus Kontrak, Proyek MPP Kota Tegal Kini Kebut Pekerjaan

Yang kedua adalah mobile services atau pelayanan bergerak yaitu pelayanan yang menggunakan kendaraan sehingga bisa untuk mendatangi masyarakat.

Ketiga adalah Self services atau layanan mandiri yaitu berupa mesin-mesin kecil yang berfungsi untuk bisa melayani dan yang keempat adalah Elektronik Services. ”Ini yang sedang kita tuju di MPP Digital," ujar Anas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: