Macam-macam Tradisi Seserahan Pernikahan di Dunia, Mulai dari Pemberian Peti hingga Sajak 5 Jimat

Macam-macam Tradisi Seserahan Pernikahan di Dunia, Mulai dari Pemberian Peti hingga Sajak 5 Jimat

Tradisi seserahan pernikahan di dunia. --issuu.com

DISWAY JOGJA - Tradisi seserahan pernikahan yang ada di Indonesia sangat beragam. Keberagaman tersebut karena setiap daerah memiliki tradisinya masing-masing. 

Sebagai contoh, tradisi seserahan pernikahan adat Jawa muncul sebagai suatu simbol. Simbol bahwa seorang suami berkewajiban memberikan nafkah lahir dan batin kepada istrinya. 

Dalam tradisi seserahan pernikahan adat Jawa, biasanya diberikan pada saat setelah akad atau resepsi pernikahan. 

BACA JUGA : Penuh Makna : 8 Rekomendasi Seserahan Pernikahan, Simpel dan Mudah Namun Tetap Berkesan Nan ELegan

Berbeda dengan adat Jawa, tradisi seserahan pernikahan Sunda jangka waktunya lebih lama. Pemberian seserahan dalam adat Sunda biasanya dilakukan dlaam kurun waktu tiga hingga tujuh hari sebelum akad nikah. 

Tradisi seserahan pernikahan adat Sunda kerap disebut ngeunyeuk seureuh. Untuk isi seserahan biasanya berupa uang, perhiasan, pakaian, perabotan rumah tangga, dan sebagainya. 

Ternyata, tak hanya daerah-daerah di Indonesia yang memiliki tradisi seserahan pernikahan saja. Orang-orang di dunia juga memiliki tradisi pernikahan yang beragam.

BACA JUGA : Cari Persiapan Menikah? Yuk Simak Berikut Tradisi Seserahan Pernikahan yang Simpel Namun Berkesan, Cek Disini

Dikutip DISWAY JOGJA dari issuu.com, berikut adalah macam-macam tradisi seserahan di dunia mulai dari pemberian keranjang hingga 5 jimat. Simak ulasannya. 

1. Tradisi Pernikahan di Italia 

Tradisi seserahan pernikahan di Italia sangat unik. Biasanya pengantin perempuan akan mendapatkan peti pernikahan. Peti pernikahan yang diberikan mempelai pria melambangkan bersatunya pasangan. 

BACA JUGA : Kamu Ingin Menikah di Tahun 2024? 5 Rekomendasi Isi Seserahan Pernikahan, yang Wajib Kamu Siapkan!

Peti pernikahan ini dirancang untuk melengkapi perabotan di kamar tidur pasangan seperti menyimpan kain linen atau perlengkapan rumah tangga pengantin wanita. 

2. Tradisi Pernikahan di Amerika Serikat 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: issuu.com