Kekayaan Warisan Budaya: Mengungkap Makanan Wajik, Simbol Tradisi Seserahan Pernikahan

Kekayaan Warisan Budaya: Mengungkap Makanan Wajik, Simbol Tradisi Seserahan Pernikahan

Kue Tradisional Wajik untuk Tradisi Seserahan Pernikahan--

DISWAY JOGJA - Sebelum melangsungkan pernikahan biasanya terdapat tradisi seserahan pernikahan terlebih dahulu. Tradisi merupakan simbol kesanggupan dari calon mempelai laki laki.

Hampir setiap daerah ada tradisi seserahan pernikahan yang sangat sakral. Terlebih tradisi ini biasanya di barengkan dengan bawaan hantaran yang penuh makna.

Hantaran yang dibawa saat tradisi seserahan pernikahan sangat bervariatif. Terlebih masing masing adat berbeda hantarannya.

Namun salah satu hantaran yang wajib di bawa saat tradisi seserahan pernikahan adalah kue tradisional. Kue yang menjadi bawaan berbeda beda tergantung adat yang ada.

BACA JUGA : Penasaran Tradisi Seserahan Pernikahan Adat Sunda? Simak Ulasannya Berikut Ini, Jangan Sampai Terlewat!

Seperti Roti Buaya yang dibawa seserahan adat Betawi, Dodol, Jenang, Wajik yang dibawa saat seserahan adat Jawa.

Nah disini mimin akan sedikit mengulas tentang kue tradisional wajik. Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan makanan ini.

Yuk simak berikut kue tradisional Wajik untuk seserahan pernikahan adat Jawa.

Proses Pembuatan Kue Tradisional Wajik

Mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan salah satu kue tradisional ini. Kue ini adalah wajik, wajik biasanya menjadi hantaran yang dibawa ketika tradisi seserahan pernikahan.

Kue tradisional ini memiliki cita rasa manis yang legit sehingga banyak yang menyukainya. Kue ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan bahan lainnya.

BACA JUGA : Wajib Ada Di Tradisi Seserahan Pernikahan Adat Jawa, Semua Punya Makna Mendalam Di Kehidupan Setelah Nikah

Tekstur makanan ini agak padat seperti jadah, namun tidak kenyal seperti jenang. Proses memasak makanan ini sangat lama.

Makna Filosofi Kue Tradisional Wajik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: