Wisata Terbaru 2024 Di Yogyakarta Paling Populer! Ada Tempat Foto Pre-Wedding Anak Presiden Jokowi Loh!

Wisata Terbaru 2024 Di Yogyakarta Paling Populer! Ada Tempat Foto Pre-Wedding Anak Presiden Jokowi Loh!

Tugu Pal Putih-tagar.id-

DISWAY JOGJA – Yogyakarta selain terkenal dengan kota wisata pantainya yang memukau, juga menawarkan wisata terbaru 2024 yang mengusung konsep sejarah. Mengunjungi tempat bersejarah di Yogyakarta bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi kegiatan liburan.

Seperti diketahui, Kota Yogyakarta adalah salah satu kota bersejarah di Indonesia. Bahkan, daerah istimewa ini sempat menjadi ibu kota negara pada 1946 karena kondisi Jakarta kala itu tidak kondusif. Simak beberapa rekomendasi tempat wisata terbaru 2024 di Yogyakarta dibawah ini!

BACA JUGA : Rekomendasi 5 Tempat Wisata Terbaru 2024 di Pusat Kota Yogyakarta, Cocok Buat Healing dan Pencegah Stress!

Taman Sari

Salah satu wisata terbaru 2024 di Yogyakarta yang paling populer adalah Situs Taman Sari merupakan peninggalan dari Sri Sultan Hamengkubuwana I, yang dulunya merupakan tempat rekreasi bagi sultan beserta kerabat istana.

Bagian bangunan yang paling menarik di kompleks ini adalah wisata terbaru 2024 berupa Sumur Gumuling, yang berupa bangunan bertingkat dua dengan lantai bagian bawahnya terletak di bawah tanah. Pada masa lampau, bangunan ini merupakan semacam surau yang digunakan sultan untuk melakukan ibadah. Bagian ini dapat dicapai melalui lorong bawah tanah.

Mayoritas struktur bangunan Taman Sari merupakan lorong-lorong bawah tanah, yang merupakan jalan rahasia dan dipersiapkan sebagai jalan penyelamat jika sewaktu-waktu kompleks ini mendapatkan serangan dari pihak musuh.

Keraton Yogyakarta

Tak hanya rekreasi, wisatawan bisa belajar sejarah Keraton Yogyakarta dan mengenal budaya Jawa. Wisatawan bisa mengunjungi area museum Keraton Yogyakarta untuk melihat berbagai koleksi benda bersejarah.

Koleksi benda bersejarah yang ada di Keraton Yogyakarta seperti batik para sultan, lukisan, perlengkapan perang, dan sebagainya. Benda-benda tersebut mungkin tidak bisa kamu lihat di keratin yang lainnya.

Selain itu, wisatawan bisa melihat pertunjukkan seni, berbincang dengan para abdi dalem, dan menyaksikan upacara adat. Harga tiket masuk area Kedhaton atau Keraton Yogyakarta adalah Rp 15.000 bagi wisatawan domestik dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

BACA JUGA : Explore Wisata Terbaru 2024: Tumpeng Menoreh Yogyakarta Bikin Penasaran? Destinasi Liburan Berbentuk Tumpeng?

Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monumen ini dibangun untuk memperingati kembalinya Yogyakarta sebagai ibu kota Indonesia, setelah sempat direbut oleh Belanda pada 1949 silam, seperti dikutip dari website resminya.

Ciri khas Monjali adalah bangunan berbentuk kerucut menyerupai tumpeng. Museum ini memiliki koleksi sekitar 1.108 benda bersejarah, seperti miniatur, replika, kendaraan, senjata api, senjata tradisional, foto dokumentasi, relief, diorama, dan lainnya.

Lokasi Monjali berada di Jalan Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Benteng Vredeburg

Lokasi benteng ini tidak jauh dari Keraton Yogyakarta dan dulunya digunakan sebagai markas Belanda untuk memantau kegiatan di dalam Keraton Yogyakarta.

Saat berkunjung ke Benteng Vredeburg, wisatawan akan menjumpai minirama Kongres Boedi Oetomo, diorama pelantikan Soedirman sebagai Panglima Besar TNI, mesin ketik Surjopranoto, kendil yang digunakan oleh Soedirman, dokumen Soetomo, dan sebagainya.

Terdapat beberapa bangunan di dalam benteng, seperti rumah perwira, rumah residen, asrama prajurit, gudang senjata, gudang logistik, hingga rumah sakit. Benteng Vredeburg menjadi salah satu wisata terbaru 2024 yang saat ini sangat direkomendasikan.

BACA JUGA : Viral di Tiktok? Ini Dia Obelix Hills, Wisata Terbaru 2024 Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Tugu Pal Putih

Wisata terbaru 2024 di Yogyakarta lainnya adalah Tugu Pal Putih, yang dikenal juga sebagai Tugu Yogyakarta atau Tugu Jogja merupakan salah satu ikon Kota Yogyakarta.

Tempat bersejarah ini berada di persimpangan antara Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Marga Utama, Jalan Diponegoro, dan Jalan AM. Sangaji.

Sayangnya, pada 10 Juni 1867, bangunan tersebut diguncang gempa bumi hingga runtuh. Pada 1889, di masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana VII, tugu kembali dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda yang merupakan bangunan Tugu Jogja sekarang ini.

Situs Warungboto

Situs Warungboto atau biasa disebut dengan Umbul Warungboto dan Pesanggrahan Warungboto adalah kompleks situs cagar budaya yang secara administratif meliputi dua wilayah kecamatan berbeda, yaitu Kalurahan Rejowinangun dan Kalurahan Warungboto.

Selain itu, situs itu juga dilengkapi dengan kolam, taman, dan kebun layaknya sebuah pesanggrahan secara umum. Hal ini dikarenakan fungsinya berkaitan dengan kenyamanan dan ketenangan sultan dan kerabatnya.

Pada Desember 2016, situs itu hanyalah reruntuhan dan puing bangunan yang kurang terawat. Namun, saat ini bangunan tersebut dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Situs ini mulai populer ketika Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution melakukan sesi foto pra nikah di tempat ini pada 27 Oktober 2017. Hingga saat ini situs tersebut menjadi wisata terbaru 2024 yang popular di Yogyakarta.

Diatas tadi merupakan wisata tebaru 2024 di Yogyakarta dengan konsep sejarah yang dapat kamu nikmati bersama teman. Pasangan, maupun keluarga. Jadi kamu tertarik mengunjungi wisata yang mana? Selamat berlibur! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: