Banjir Brebes, 875 Hektare Tanaman Padi Terendam, 20 Hektare Mengalami Puso

Banjir Brebes, 875 Hektare Tanaman Padi Terendam, 20 Hektare Mengalami Puso

MEMANEN - Petani padi di Kecamatan Wanasari terpaksa memanen lebih awal tanaman padi yang terendam banjir. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Banjir di sejumlah kecamatan di Kabupaten Brebes tidak hanya merendam fasilitas umum dan pemukiman, tapi ratusan hektar lahan persawahan juga terendam.

Dari data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes, dari 25-27 Februari 2024 total ada 875 Hektar (Ha) lahan padi terendam banjir. Jumlah tersebut tersebar di delapan kecamatan. Sebagian petani pun terpaksa melakukan panen lebih awal. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Jateng Meninjau Banjir Brebes, 500 Orang Pengungsi Keluhkan Sakit dan Gatal

Luas terkena total 875 Ha lahan padi yang terendam. Jumlah tersebut tersebar di delapan kecamatan,kata Kepala DPKP Brebes Yulia Hendrawati, Rabu, 28 Februari 2024.

Kedelapan kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Jatibarang ada 168 Ha lahan padi yang terendam. Kecamatan Brebes 52 Ha, Kecamatan Bulakamba 32 ha, Kecamatan Bantarkawung 13 ha. Kemudian Kecamatan Songgom 96 ha, larangan 23 ha, Wanasari 465 ha dan Kecamatan Salem 26 ha.

"Dari total itu, luas (lahan pertanian yang mengalami) puso ada sekitar 22 Ha. Yaitu berada di wilayah Kecamatan Salem. Dan untuk yang lain sebagian besar sudah surut," jelasnya.

BACA JUGA:Banjir Kepung 8 Desa dan Kelurahan di Kecamatan Brebes, Ratusan KK Memilih Bertahan

Selain merendam tanaman padi, banjir juga merendam tanaman jagung. Total ada 187 ha lahan pertanian jagung yang terendam. Semuanya tersebar di diempat kecamatan yang berbeda.

"Kecamatan Songgom 115 ha, Bantarkawung 37 ha, Jatibarang 12 ha dan Kecamatan Larangan 23 ha. Dan ada luasan tanaman jagung yang mengalami puso seluas 8,5 ha di Kecamatan Bantarkawung," terangnya.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Open Donasi untuk Korban Banjir Prupuk Utara

Sementara untuk luas lahan tanaman bawang yang terendam di Kabupaten Brebes total ada 186 ha. Tersebar di Kecamatan Brebes 74 Ha, Wanasari 65 Ha, Jatibarang 27 Ha dan Larangan 20 Ha. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: