Ribuan Peserta Meriahkan Jalan Sehat Hari Koperasi Nasional di Kabupaten Brebes

Ribuan Peserta Meriahkan Jalan Sehat Hari Koperasi Nasional di Kabupaten Brebes

JALAN SEHAT - Ribuan warga Brebes mengikuti jalan sehat saat peringatan Hari Koperasi di Stadion Karangbirahi Brebes. -EKO FIDYANTO/RATEG-

BREBES, DISWAYJOGJA - Ribuan warga Brebes antusias mengikuti senam bersama dan jalan sehat memeriahkan Hari Koperasi Nasional ke-77 tingkat Kabupaten Brebes Tahun 2024. Mereka tumpah ruah di halaman Stadion Karangbirahi untuk mengambil start yang dilepas Pj Bupati Brebes yang diwakili Sekda Brebes, Djoko Gunawan, kemarin.

Berbarengan dengan itu, usai sambutan Sekda Brebes Djoko Gunawan memberikan surprise yang kebetulan juga bertepatan dengan hari ulang tahun Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Brebes Sumarno yang ke-56.

BACA JUGA:Peringati Hari Koperasi ke-77, Puluhan Warga Bumiayu Dapatkan Sembako

Dalam sambutannya Sekda Brebes Djoko Gunawan, atas nama pemerintah kabupaten Brebes menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta senam bersama dan jalan sehat pagi hari ini, yang menunjukkan tetap tingginya semangat berolahraga melalui berbagai kegiatan yang positif dan menggembirakan.

Dengan mengusung tema "Koperasi Maju, Indonesia Emas" sangat relevan dengan kondisi saat ini, di mana koperasi diharapkan dapat menjadi pilar utama dalam memperkuat ekonomi kerakyatan dan mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi. Memasuki era industrialisasi koperasi, dihadapkan pada tantangan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas koperasi agar mampu bersaing di pasar global.

”Koperasi diharapkan dapat mengadopsi teknologi industri 4.0, yang meliputi penggunaan Internet Of Things (IOT), big data, kecerdasan buatan (AI), dan otomatisasi dalam operasionalnya. Hal ini penting agar koperasi dapat bertransformasi menjadi lebih modern dan adaptif terhadap perkembangan zaman," harap Djoko.

Selain itu, lanjut Djoko, dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas pada 2045, koperasi harus mampu memainkan peran strategis dalam menciptakan kesejahteraan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat. Koperasi harus menjadi motor penggerak ekonomi yang berkeadilan, berkelanjutan, dan berdaya saing tinggi. Oleh karena itu, penting bagi koperasi untuk terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, mengembangkan produk dan jasa yang inovatif, serta memperkuat tata kelola yang baik.

BACA JUGA:Sekda DIY Beny; Koperasi Jadi Rumah Ekosistem Ekonomi Bagi UMKM

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Brebes Sumarno menyampaikan, dalam rangka hari ulang tahun Koperasi Indonesia ke 77 tingkat Kabupaten Brebes tahun 2024 ada beberapa rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu bakti sosial bagi warga kurang mampu, lomba video pendek perkoperasian, lomba mars koperasi, dan seminar perkoperasian. "Puncaknya adalah senam bersama dan jalan sehat," ucap Sumarno. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: