Wisata Terbaru 2024, Museum Semedo Siap Membawa Anda Melintasi Waktu ke Masa Lalu

Wisata Terbaru 2024, Museum Semedo Siap Membawa Anda Melintasi Waktu ke Masa Lalu

Wisata terbaru museum semedo-disway.jogja-instagram.com/gardiniagusta

DISWAY JOGJA - Tegal dengan segala keindahan alamnya, selalu mengesankan untuk membuat wisatawan ingin kembali berkunjung. Sebab, banyaknya pilihan wisata terbaru 2024 yang beragam destinasi liburan di Tegal tergolong lengkap. Mulai dari pantai, gunung, pemandian air hangat hingga wisata edukasi keluarga.

Selain destinasi wisata populer yang ada, Tegal ternyata memiliki tempat wisata edukasi dan bersejarah tentang peradaban manusia. Yakni, museum situs purba yang diberi nama Museum Situs Semedo.

Menapaki  jejak purbakala memang selalu menarik untuk dikulik. Seperti wisata terbaru 2024 Museum Semedo berada di Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.

Di dalam wisata terbaru museum ini tersimpan fosil-fosil purba yang ditemukan di Semedo diperkirakan usianya lebih tua dibandingkan fosil-fosil yang pernah ditemukan di Indonesia.

Dari hasil penelitian ahli paleontologi, arkeologi, geologi, dan antropologi, menunjukkan di dalam wisata terbaru 2024 Situs Purba Semedo memberikan data faktual evolusi manusia, budaya dan lingkungannya sejak setidaknya 1,5 juta tahun yang lalu. Temuan-temuan fosil fauna di sekitar Perbukitan Semedo menggambarkan panjangnya rentang kehidupan di Semedo. 

BACA JUGA : Keren Nih! Wisata Terbaru 2024 Curug Serwiti yang ada di Guci Kini Tampil Lebih Menarik Loh

Museum Situs Semedo juga memamerkan diorama manusia semedo serta fosil-fosil, baik asli ataupun replika, dari tengkorak sampai gigi hiu megalodon dan gorila purba.

Museum Situs Semedo terletak di Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Untuk sampai ke lokasi, dibutuhkan waktu tempuh sekira 45 menit dengan jarak tempuh 28 kilometer dari Alun-alun Kota Tegal.

Dalam situs semedo tersimpan 3.100 koleksi benda-benda peninggalan sejarah zaman purba. Awalnya, penemuan fosil purbakala situs Semedo terjadi pada tahun 2011 , w aktu itu seorang warga bernama Dakri menemukan fragmen tengkorak Homo Erectus.

Setelah tert eliti oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran . Menyatakan bahwa fragmen itu merupakan fosil manusia purba dari awal zaman Kala Pleosten Tengah 700.000 tahun lalu. B erdasarkan  hasil penelitian ahli paleontologi, arkeologi, geologi, dan antropologi .

Menunjukkan Situs Purba Semedo memberikan data faktual evolusi manusia, budaya dan lingkungannya. Temuan-temuan fosil fauna pada sekitar Perbukitan Semedo menggambarkan panjangnya rentang kehidupan di Semedo. 

BACA JUGA : Nih Guci Forest!! Wisata Terbaru 2024, Viral Banyak Spot Serba Instagramable dan Bikin Betah Pengunjung

Selain penemuan fosil manusia purba, pada Situs Semedo telah ketemu pula peralatan lain . Seperti kapak perimbas, kapak penetak, kapak genggam, serta alat serut berbahan batu koral kersikan.

Tak ketinggalan pula temuan fosil fauna ordo Proboscidea atau mamalia belalai . Seperti Stegodon Trigonocephalus, Stegodon Pygmy semedoensis, Stegodon Hypsilopus, Elephas Planifrons, dan Elephas Hysudricus.

Selain sebagai pusat koleksi peninggalan benda purbakala, museum ini juga berfungsi sebagai tempat penelitian. Yang berharapkan adanya museum ini bisa meningkatkan minat generasi muda untuk mempelajari sejarah.

Serta menjadikan tempat ini bukan hanya tempat rekreasi saja akan tetapi juga sebagai tempat ilmu dan sejarah pada masa lalu. Tempat ini juga untuk mempelajari perkembangan pola pikir manusia dan mempelajari jenis karakteristik makhluk hidup masa lalu.

Situs Semedo sudah buka dan dapat kita kunjungi dari hari Selasa-Minggu jam  08.30 - 15.00 WIB. Mengunjungi Museum Semedo tak perlu mengeluarkan biaya , aik kunjungan umum maupun khusus. Meski tak ter pungut biaya sepeser pun Namun, pengunjung wajib reservasi terlebih dahulu.

Dengan setiap sesi kunjungan pada hari yang sudah ter sediakan, maksimal 30 orang , nantinya pengunjung yang datang akan didampingi oleh pemandu.  Dengan masuk ke Situs Semedo yang tidak bayar akan tetapi kita akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024!! Waduk Cacaban Tampil Makin Mempesona, Usung Konsep Natural Instagramable

Khususnya mengenai kehidupan manusia purba, budaya, dan lingkungannya. Sedangkan untuk dapat masyarakat nikmati secara luas maka ilmu pengetahuan tersebut harus kita kemas dalam informasi yang jelas dan menarik.

Bahkan dalam komplek Situs Semedo pula banyak orang yang menjual jajanan jaman dahulu, jika kalian ingin mencobanya sangat bisa.

Demikianlah pembahasan kita mengenai peninggalan dan sejarah yang berada pada situs semedo, semoga kita bisa mengambil manfaatnya.

Jika kalian ingin mengunjunginya maka jagalah barang sejarah yang ada pada wisata terbaru 2024 Situs Semedo agar tetap terjadi dengan baik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: