Pecinta Kuliner? Jelajahi Wisata Terbaru 2024 Tegal, Surganya Makanan Legendaris Dijamin Bikin Nagih!

Pecinta Kuliner? Jelajahi Wisata Terbaru 2024 Tegal, Surganya Makanan Legendaris Dijamin Bikin Nagih!

Wisata Kuliner Tegal 2024-bungeko.com-google

DISWAY JOGJA - Tegal merupakan nama daerah yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di kawasan pesisir pantai utara. Wilayahnya yang terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Tegal karena dari sana banyak obyek wisata terbaru 2024 yang menarik untuk dikunjungi.

Saat liburan wisata terbaru 2024 ke Tegal, menjelajahi kuliner disini adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya kamu akan merasakan kuliner khas yang tidak ada di kota lain.

Bukan hanya memiliki destinasi wisata terbaru 2024, Tegal juga memiliki kuliner yang punya ciri khas dan terkenal. Melalui kekayaan rempah dan budayanya, Tegal memiliki banyak pilihan makanan khas mulai dari makanan berat hingga makanan ringan seperti camilan yang lezat.

Keanekaragaman wisata kuliner Tegal 2024 yang terkenal enak mampu menarik para pecinta kuliner untuk merasakan kelezatanya. Tidak heran jika banyak yang menyebut Tegal sebagai surganya para pecinta kuliner.

BACA JUGA : Suka Camping? Wisata Terbaru 2024, Datar Pinus Camp Pangalengan Cocok Untuk Menginap di Alam Bebas!

Kuliner Tegal mempunyai cita rasa khas yang gurih, asin serta pedas yang kamu pasti akan menyukainya. Lalu, apa saja sih wisata kuliner Tegal 2024?

Berikut kita akan menjelajahi beberapa kuliner Tegal yang harus dicoba saat kamu berkunjung ke daerah ini.

1. Kupat Glabed

Kupat Glabet merupakan salah satu kuliner khas Tegal yang harus dicoba. Makanan ini memiliki cita rasa khas dan unik lantaran dibuat berasal dari beras yang dimasak dalam anyaman janur kelapa atau daun pisang membentuk segi empat.

Diberi nama Glabed karena tekstur kuah dari kupat ini kental dan memiliki rasa gurih sehingga menjadi ciri khas tersendiri. Didalamnya juga berisi potongan tempe yang diiris dengan bentuk kotak.

Sebagai pelengkap, Kupat Glabed ini biasanya disajikan dengan sambal dan bawang goreng di atasnya sebagai toping untuk memberikan aroma yang menggugah selera.

BACA JUGA : Pangalengan Punya! Wisata Terbaru 2024 yang Hits, dan Instagramable Gak Percaya ? Simak Ulasannya

2. Glotak

Tidak lengkap rasanya kalau berkunjung wisata terbaru 2024 Tegal tidak mencicipi kuliner ini. Kuliner Tegal satu ini memiliki nama yang unik. Terlepas dari namanya yang unik kamu tidak perlu khawatir soal rasa yang pastinya membuat kamu tergoda.

Glotak merupakan olahan gembus atau oncom yang dibuat dengan campuran tulang atau balungan ayam dengan bumbu khas.

Makanan ini memberikan cita rasa pedas dan gurih. Glotak biasanya dinikmati dengan kerupuk mi atau kerupuk antor khas Tegal. Kuliner ini juga bisa dinikmati untuk lauk nasi atau lontong.

3. Nasi Lengko

Nasi Lengko pastinya sudah tidak asing lagi bagi kamu. Pasalnya di sekitar Kabupaten dan Kota Tegal, nasi lengko sangat mudah ditemukan.

Makanan ini terkenal dengan cita rasa khas nya, yaitu penyajiannya dengan nasi putih di tambahkan tahu goreng yang diris kecil berbentuk kotak kemudian di beri sayuran seperti tauge, irisan timun, setelah itu disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis serta untuk menambah kenikmatan diatasnya diberi taburan bawang goreng dan kerupuk.

Berbeda dengan nasi ponggol, nasi lengko ini lebih dominan ke sambal kacangnya yang gurih dan pastinya bikin nagih. Makanan ini merupakan hidangan tradisional yang menjadi favorit banyak orang khususnya Tegal.

4. Rujak Teplak

Ketika kamu berkunjung ke wisata terbaru 2024 Tegal, mencicipi kuliner khas tegal satu ini adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.

Rujak Teplak termasuk dalam kulier Tegal yang sehat karena terbuat dari sayur-sayuran. Aneka sayurannya antara lain seperti daun singkong, kangkung, tauge, kol, lembayung, dan daun pepaya.

Yang menjadi pembeda dari rujak di daerah lainnya adalah bumbunya. Bumbu rujak di daerah lainya umumnya menggunakan bahan dasar kacang. Sedangkan bumbu Rujak Teplak menggunakan bahan dasar singkong yang telah direbus dan dihaluskan.

BACA JUGA : Berwisata ke Bandung? Ini Rekomendasi Wisata Terbaru 2024, Penginapan Harga 300 Ribuan Bikin Nagih!

5. Soto Tauco

Bagi pecinta kuliner, Tegal menawarkan hidangan unik dengan varian Soto yang berbeda. Soto Tauco ini merupakan sauto khas daerah Tegal.

Berbeda dengan soto-soto di daerah lain, soto khas Tegal ini dibuat dengan racikan Tauco yang memiliki sensasi rasa manis asem, dan asin.

Soto Tauco disajikan dalam mangkok kecil diatas tatakan piring kecil, isinya mirip dengan soto lainya, tauge, daun bawang, seledri, daging suwir atau potongan babad rebus hanya saja sebagai ciri khas ditambahkan tauco sebelum disiram dengan kuah.

Itulah wisata terbaru 2024 Kuliner Tegal yang terkenal enak, yang bisa kamu coba saat berkunjung ke daerah ini. Selamat menikmati!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: