Nikmati Masakan Tradisional Tegal!Makanan yang Menggugah Selera di Bulan Ramadhan

Nikmati Masakan Tradisional Tegal!Makanan yang Menggugah Selera di Bulan Ramadhan

Nikmati Masakan Tradisional Tegal!Makanan yang Menggugah Selera di Bulan Ramadhan--

DISWAY JOGJA - Bulan Ramadhan identik dengan momen spesial bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Tegal. Bagi masyarakat Tegal, berbuka puasa bukan sekadar mengenyangkan perut, tapi juga menciptakan kenangan indah bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Salah satu tradisi yang tidak boleh dilewatkan di Tegal saat Ramadhan adalah menyantap masakan tradisional Tegal. Masakan ini tidak hanya lezat dan mengenyangkan, namun juga kaya akan makna dan tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi. Berikut beberapa masakan tradisional Tegal yang wajib Anda coba di bulan Ramadhan:

BACA JUGA : 3 Fakta Menarik Dari Cempe Lemu, Rekomendasi Menu Buka Puasa 2024 di Tegal yang Paling Empuk dan Enak

1. Nasi Grombyang

Hidangan ini terdiri dari nasi putih yang dibumbui dengan santan yang tajam dan kaya akan rempah-rempah. Kuahnya terbuat dari campuran santan, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai, dan daun salam.

Uniknya, di awal bulan Ramadhan, nasi Grombyang disajikan di piring besar dan disantap bersama sesuai tradisi “Megengan”.

2. Kue Lepet

Kue Lepet merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.Rasanya gurih dan lengket, dengan aroma khas daun pisang. Kue lepet sering dihidangkan sebagai takjil saat berbuka puasa dan menjadi hidangan wajib di berbagai acara adat di Tegal.

3. Soto Batagor 

Berbeda dengan Soto Batagor pada umumnya, Soto Batagor Tegal memiliki ciri khas tersendiri. Kuahnya bening dan segar dengan rasa tajam dari kuah kaldu sapi atau ayam.Batagor terbuat dari tepung sagu dan diisi dengan telur dan daging cincang.

Disajikan dengan tauge, irisan kol dan taburan bawang goreng, Soto Batagor Tegal menjadi sajian populer saat berbuka puasa.

BACA JUGA : 5 Makanan Khas Tegal Ini, Cocok Banget Untuk Kamu Berbuka Puasa! Makanan Terbaru 2024!

4. Bakwan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: