Cegah Tindakan Pungli, Bhabinkamtibmas Sosialisasi ke Siswa SMK N1 Yogyakarta

Cegah Tindakan Pungli, Bhabinkamtibmas Sosialisasi ke Siswa SMK N1 Yogyakarta

Bhabinkamtibmas Kelurahan Pringgokusuman Aiptu Kardiyono menyambangi SMK N 1 Yogyakarta, Rabu (3/1/2024).-DOK.-

 

DISWAYJOGJA - Bhabinkamtibmas Kelurahan Pringgokusuman Aiptu Kardiyono menyambangi SMK N 1 Yogyakarta, Rabu (3/1/2024). Dalam kunjungannya, Aiptu Kardiyono memberikan sosialisasi tentang pencegahan tindakan pungutan liar (Pungli). Sosialisasi tersebut diikuti security dan siswa sekolah.

BACA JUGA:Hindari Pungutan, Tim Saber Pungli Brebes Minta Sekolah Hindari Biaya Tambahan

 

Aiptu Kardiyono menjelaskan, sosialisasi menjadi penting untuk melawan praktik pungutan liar (pungli) yang merugikan masyarakat. Dia menekankan, jika ada indikasi atau kejadian pungutan liar, baik kepada siswa maupun pihak sekolah, segera melapor kepada Polsek terdekat.

 

”Kami menginginkan lingkungan pendidikan yang aman, bersih dari praktik pungli. Siswa-siswa sebagai agen perubahan dapat berperan aktif melawan hal ini dengan melapor jika menemui tindakan pungutan liar,” ujar Aiptu Kardiyono.

BACA JUGA:Tim Saber Pungli Jabar Sita Uang Tunai Rp40.750.000 dari Panitia PPDB di SMK Kota Bandung

BACA JUGA:Budayakan Anti Korupsi, Pemdes di Kabupaten Brebes Diminta Hapus Pungli

 

Selain memberikan informasi tentang saber pungli, Bhabinkamtibmas juga berusaha membangun kedekatan dan kepercayaan antara pihak kepolisian, sekolah, dan siswa. Upaya ini diharapkan dapat menciptakan iklim pendidikan yang kondusif dan bebas dari ancaman tindakan tidak etis.

 

Kunjungan Bhabinkamtibmas tersebut mendapat sambutan positif dari pihak sekolah dan siswa. Mereka menyambut baik langkah kepolisian dalam mencegah dan memberantas praktik pungli di lingkungan pendidikan.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik 2024, Cocok Untuk Kamu yang Ingin Kapasitas Besar tapi Low Budget

 

Harapannya kegiatan seperti ini dapat menjadi langkah awal menuju masyarakat yang lebih sadar akan hak-haknya. Selain itu, bersama-sama menjaga integritas di berbagai sektor, termasuk dunia pendidikan. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: