Pejabat BUMD Ngadu ke Bawaslu Brebes, Fotonya Dicatut Caleg DPR RI di Baliho

Pejabat BUMD Ngadu ke Bawaslu Brebes, Fotonya Dicatut Caleg DPR RI di Baliho

MENDATANGI - Sejumlah pejabat BUMD Brebes mendatangi Kantor Bawaslu Brebes untuk mengadukan pencatutan pada baliho. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Sejumlah pimpinan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Brebes mendatangi Kantor Bawaslu Brebes, Senin (27/11/2023). Mereka mengadukan foto dirinya dicatut oleh salah satu caleg DPR RI, IP di beberapa baliho kampanye.

BACA JUGA:Kantor KPU dan Bawaslu Kota Tegal Disterilisasi, Gunakan Anjing Pelacak

Baliho berlatar foto sejumlah pejabat BUMD itu dipasang di lima titik di Kabupaten Brebes, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. Baliho itu dipasang di Jl Diponegoro Brebes, depan Kantor Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Jl AR Hakim Kota Tegal, Exit Tol Adiwerna Kabupaten Tegal, dan di wilayah Kota Slawi.

BACA JUGA:Kapolres Tegal Cek Kesiapan KPU, Bawaslu dan Gudang Logistik Pemulu 2024. Ini Pesannya

Namun dari pantauan di titik Jl Diponegoro Brebes, baliho tersebut sudah dicopot. Para pejabat BUMD Brebes ini merasa keberatan fotonya dicatut untuk kepentingan politik.

ASN dan pejabat BUMD yang dicatut di antaranya, Eka Khoirunnisa (ASN Bagian Perekonomian Setda Brebes), M. Abdilah (Direktur Utama PT BPR BKK Banjarharjo), Dadan Hardiana Agustina (Direktur Utama Perumda BPR Bank Brebes), Agus Isyono (Direktur Utama Perumda Tirta Baribis), Thoriq (Plt. Direktur Perumda Percetakan Puspa Grafika), apt. Varin Ilmiatni (Plt. Direktur Perusda Farmasi dan Sarana Kesehatan).

BACA JUGA:Bawaslu Tuduh Anies Lakukan Kampanye Terselubung, Analis Politik BRIN: Ganjar dan Erick juga Kena

Salah satu pejabat BUMD, M. Abdilah yang merupakan Direktur Utama PT BPR BKK Banjarharjo (Peseroda) mengatakan, ada lima titik pemasangan baliho caleg bergambar sejumlah pejabat BUMD Brebes. Mereka pun meminta baliho tersebut dicopot untuk menjaga netralitas ASN dan pejabat BUMD dalam Pemilu 2024.

BACA JUGA:Harga Murah Digitec Rilis 2 Smart TV di Indonesia, Mulai dari Rp 1 Jutaan

“Kami sebagai BUMD kan ada anjuran untuk netral. Kami minta baliho ini dicopot. Ada lima titik pemasangan baliho yang ada gambar kami," ungkap dia, Senin (27/11/2023).

BACA JUGA:Tampilan Terbaru yang Kian Memikat Toyota Avanza Veloz X Urban

Plt Direktur Perusda Farmasi dan Sarana Kesehatan apt. Varin Ilmiatni menambahkan, tidak ada izin dalam pemasangan baliho yang bergambar dirinya. Menurut dia, pemasangan baliho tersebut membuatnya tidak nyaman lantaran kredibilitas sebagai pejabat BUMD terganggu.

”Pemasangan (baliho) itu tidak ada izin. Pejabat BUMD, ASN, dan pemerintah tidak boleh terlibat dalam kepentingan politik," ungkap dia.

Ketua Bawaslu Brebes Trio Pahlevi mengatakan, saat ini pihaknya akan melakukan penelusuran terkait informasi yang disampaikan para pejabat BUMD Brebes. Pihaknya juga akan memanggil caleg bersangkutan untuk melakukan klarifikasi. Bawaslu Brebes pun telah melayangkan surat imbauan yang ditujukan kepada Pj Bupati Brebes agar ASN dan Pejabat BUMD tidak dilibatkan dalam kepentingan politik.

”Nanti caleg yang bersangkutan akan kami panggil untuk klarifikasi," kata Trio Pahlevi.

Sementara itu, pihak Caleg DPR RI IP mengatakan, baliho-baliho yang bergambar ASN dan Pejabat BUMD merupakan kesalahan desain yang telah dibuat pihak vendor. Menurut dia, semua desain baliho dan pemasangannya telah diserahkan kepada pihak vendor. Saat ini, baliho-baliho tersebut sudah dicopot.

"Itu yang masang vendor dan semua sudah dicopoti langsung, sudah minta dicopot dari kemarin tapi mungkin vendor sibuk. Baliho itu memang kesalahan desain dari vendor, soalnya semua desain dan lainnya diserahkan ke vendor," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: