Ratusan Satpam di GOR Wisanggeni Tegal Unjuk Kebolehan

Ratusan Satpam di GOR Wisanggeni Tegal Unjuk Kebolehan

Anggota satpam saat unjuk kebolehan dalam meringkus pelaku kejahatan. -AGUS WIBOWO/RATEG -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Ratusan Anggota Satuan Pengamanan (Satpam) Se Eks wilayah Karesidenan Pekalongan unjuk kebolehan. Aksi beladiri hingga upaya meringkus pelaku kejahatan dengan teknik yang dimiliki ditujukan pada publik.

BACA JUGA:Duh! Aniaya Pencuri Handphone Hingga Tewas, 11 Satpam RS Kariyadi Ditetapkan Tersangka

Kemampuan tersebut ditampilkan pada saat kegiatan Penilaian dan Penghargaan Satpam Tingkat Polda Jateng Tahun 2023 di GOR Wisanggeni, Tegal Timur, Kota Tegal.

Kasubdit Binsatpam Polsus Ditbinmas Polda Jateng AKBP Anita Indah SIK MH mengatakan, satpam merupakan salah satu bentuk pengamanan swakarsa. Mempunyai fungsi hampir sama dengan Polri. Hanya saja terbatas pada lingkungan tempat bertugasnya.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kipas Angin Dinding, Tetap Dingin dan Juga Hemat Listrik!

”Peran satpam yaitu sebagai unsur pembantu pimpinan perusahaan atau instansi lembaga pemerintah. Pada bidang pembinaan keamanan dan ketertiban lingkungan kerjanya. Selain itu juga sebagai unsur pembantu Polri dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Serta sebagai penegak peraturan perundang-undangan untuk menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan pada lingkungan kerjanya,” ungkap AKBP Anita, Selasa (7/11/2023).

BACA JUGA:7 Cara Agar AC Tetap Awet dan Tidak Rusak

Disadari bahwa, dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Polri tidak bisa melakukan sendiri tanpa adanya kerja sama dengan pihak lain. Karena itu, potensi masyarakat harus dikembangkan. Dengan demikian, mampu memperkuat sistem keamanan melalui keamanan swakarsa.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kipas Angin yang Terbaik dan Awet untuk di Rumah

Anita Indah menambahkan, saat ini telah memasuki tahun politik. Yakni pemilihan legislatif serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Tentunya suhu politik menjelang pemilu pasti akan meningkat. Terutama berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat.

”Karena itu, kami mengimbau kepada anggota Satpam agar dapat menjaga stabilitas keamanan pada lingkungan kerjanya,” imbuanya.

Dalam rangka monitoring kemampuan dan keterampilan anggota Satpam pada jajaran Polda Jawa Tengah, ada 4 paramater dalam penilaian. Meliputi pengetahuan tentang Perpol No. 1 tahun 2023, ketrampilan PBB, ketrampilan beladiri Polri dengan tangan kosong dan tongkat borgol serta simulasi pengamanan Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: