7 Cara Agar AC Tetap Awet dan Tidak Rusak

7 Cara Agar AC Tetap Awet dan Tidak Rusak

AC Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak--

DISWAY JOGJA - Ketika memasuki musim kemarau, suhu udara mulai terasa panas. Apabila suhu udara meningkat, banyak orang cenderung menggunakan alat pendingin seperti air conditioner atau AC di rumah. 

Ketika sedang cuaca panas, seringkali orang menghidupkan AC dengan suhu yang sangat dingin. Jika digunakan secara terus menerus dengan cara demikian, AC akan beroperasi dengan bekerja secara intensif dan rentan mengalami kerusakan. 

Bagaimana agar AC berfungsi dengan efektif dan tahan lama? 

1. Naikkan Suhu Ruangan

Dengan mengatur suhu ruangan beberapa derajat lebih tinggi dari yang Anda inginkan, AC Anda akan bekerja lebih efisien untuk mempertahankan suhu yang diinginkan. Jika Anda menginginkan suhu ruangan Anda menjadi 20 derajat Celcius, Anda perlu meningkatkan suhu hingga mencapai 23 derajat Celcius. 

Dalam kutipan dari Better Homes and Gardens, Rob Munin, Manajer Umum Thermostat dan Sensor di Johnson Controls, mengatakan bahwa umumnya perbedaan suhu yang lebih kecil antara dalam dan luar ruangan memberikan cara yang paling hemat biaya untuk mendinginkan rumah.

BACA JUGA:6 Rekomendasi AC Portable Terbaik 2023, Dengan Harga Terjangkau dan Banyak Keunggulanya!

2. Pasang Termostat Pintar

Pasang termostat pintar adalah suatu langkah yang sangat berguna dalam mengatur suhu ruangan Anda. Termostat pintar dapat diprogram melalui perangkat pintar Anda, seperti smartphone, tablet, atau komputer, yang memungkinkan Anda untuk mengontrol suhu ruangan dari jarak jauh. Dengan menggunakan termostat pintar, Anda dapat mengatur suhu ruangan sesuai dengan preferensi dan jadwal harian Anda.

Selain itu, termostat pintar juga dilengkapi dengan sensor suhu cerdas yang secara otomatis dapat menyesuaikan suhu ruangan berdasarkan suhu luar dan pola penggunaan yang terdeteksi. Hal ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan Anda, tetapi juga membantu menghemat energi dan mengurangi tagihan listrik Anda. Jika Anda ingin mengontrol suhu ruangan dengan lebih mudah dan efisien, maka pemasangan termostat pintar adalah solusi yang tepat bagi Anda. 

Untuk maksimalkan efisiensi AC Anda, pertimbangkan pemasangan termostat pintar. Anda dapat menghubungkan perangkat yang bisa diprogram ini dengan jaringan Wi-Fi di rumah Anda. Kemudian, Anda dapat mengontrolnya melalui aplikasi atau menggunakan perangkat asisten suara seperti Google Home atau Alexa. 

Dalam KBBI, disampaikan bahwa termostat merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengatur suhu secara otomatis melalui perubahan suhu. 

Dengan adanya termostat pintar, Anda dapat menjadwalkan perubahan suhu berdasarkan waktu dan menyesuaikan termostat secara jarak jauh, bahkan saat Anda tidak berada di rumah. Ada beberapa perangkat yang juga dilengkapi dengan teknologi geofencing. Teknologi ini dapat mendeteksi ketika Anda sedang tidak berada di rumah dan secara otomatis mengatur suhu termostat agar sesuai.

3. Letakkan Termostat di Tempat yang Pas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: