9 Khasiat Luar Biasa Buah Zaitun untuk Kesehatan, Buah Surga yang disebut dalam Al-Qur'an

9 Khasiat Luar Biasa Buah Zaitun untuk Kesehatan, Buah Surga yang disebut dalam Al-Qur'an

Buah zaitun, si kecil kaya manfaat -Disway-Pinterest Parade

DISWAYJOGJA.ID - Buah zaitun merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Qur'an. Ini tidak lain karena kandungan didalamnya yang kaya akan manfaat kesehatan.

Selain memiliki rasa yang lezat, buah zaitun juga mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Manfaat tersebut sayangnya jarang diketahui banyak orang. Sebab, mereka lebih mengenal buah zaitun dari segi kebermanfaatannya untuk perawatan kulit.

Nah, berikut ini adalah 9 manfaat buah zaitun untuk kesehatan yang jarang diketahui banyak orang.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah zaitun mengandung lemak sehat, yakni asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat. Asam lemak ini sangat berperan penting menjaga kesehatan jantung loh. 

Hasil penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Multikhasiat banget ini sih!

2. Menangkal radikal bebas

Buah zaitun kaya akan senyawa antioksidan, seperti polifenol. Senyawa ini berperan penting dalam melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai jenis penyakit.

BACA JUGA:9 Khasiat Buah Bidara untuk Kesehatan, Si Penghuni Surga yang Kaya Manfaat!

3. Meningkatkan Sistem Imun

Tahukah kamu? senyawa polifenol yang terkandung dalam buah zaitun, seperti oleuropein dan hydroxytyrosol, dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Tak hanya mampu menangkal radikal bebas, kandungan antioksidan dalam buah zaitun juga dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker loh. 

Beberapa penelitian membuktikan bahwa polifenol dalam zaitun dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, usus besar, hingga prostat. Ini tidak lepas dari peranan senyawa squalene dalam buah zaitun yang bersifat anti-kanker.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak

Siapa sangka, ternyata buah zaitun memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan otak. Kandungan antioksidan dalam buah  zaitun dipercaya membantu melawan kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan otak dan masalah kognitif seperti Alzheimer dan demensia.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa polifenol dalam zaitun dapat meningkatkan fungsi otak, memperbaiki memori, bahkan juga mencegah penurunan kognitif.

BACA JUGA:12 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penuaan Dini!

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat yang satu ini tentu sudah udah sangat populer di kalangan banyak orang. Ya, minyak zaitun sering ditemukan dalam produk-produk perawatan kulit karena kandungan antioksidannya yang tinggi. 

Antioksidan dalam zaitun dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi, hingga radikal bebas. Selain itu, minyak zaitun juga dapat melembapkan kulit dan mengurangi gejala kulit kering, iritasi, dan peradangan. Luar biasa sekali memang buah surga satu ini!

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah zaitun mengandung banyak kalsium dan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium berperan penting untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis, sementara vitamin D turut membantu dalam penyerapan kalsium. Kombinasi keduanya dalam buah zaitun dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah risiko patah tulang.

8. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan 

Kandungan serat yang tinggi dalam buah zaitun terbukti dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat ini dapat membantu melancarkan pencernaan, dan mencegah sembelit. Buah ini juga memiliki sifat probiotik yang dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus.

BACA JUGA:8 Khasiat Brotowali untuk Kesehatan Tubuh, Si Pahit yang Kaya Manfaat!

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menambahkan buah zaitun pada menu dietmu dapat membantu dalam proses penurunan berat badan loh. Kandungan lemak didalamnya tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. 

Lemak sehat dalam zaitun, justru dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk ngemil, dan membantu menjaga kestabilan tingkat gula darah, sehingga membuatmu merasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA:7 Manfaat Luar Biasa Buah Tin untuk Kesehatan Anda

Itulah tadi 9 manfaat buah zaitun bagi kesehatan. Selain diolah menjadi minyak boleh zaitun dapat dikonsumsi secara langsung atau ditambahkan pada salad. Rasanya tidak kalah enak dari buah rasa lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: