12 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penuaan Dini!

12 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penuaan Dini!

Daun kelor yang diolah menjadi bubuk siap seduh-Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Tanaman dengan nama latin Moringa oleifera. Ini, memiliki tampilan berwarna hijau sampai hijau kecoklatan. Bentuk daunnya kecil dan bundar seperti telur dengan tepian yang halus.

Tanaman herbal ini kerap dipakai sebagai obat herbal atau obat tradisional. Manfaat yang paling umum adalah membantu meningkatkan dan melancarkan produksi air susu ibu (ASI) pada ibu menyusui. 

BACA JUGA:Mengecap Lezatnya Wedang Tahu, Kuliner Unik yang Cocok disantap Saat Cuaca Dingin

Daun kelor mengandung beragam nutrisi seperti kalori, protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, dan asam folat. Ada pula vitamin A, B, dan C yang terkandung didalamnya.

Biasanya daun kelor digunakan sebagai ramuan tradisional untuk meningkatkan dan melancarkan air susu ibu (ASI). Namun, siapa sangka jika daun kelor memiliki beragam manfaat lain yang sangat baik untuk kesehatan. Yuk simak samping selesai!

1. Meningkatkan gairah seksual

Stress ternyata dapat mengakibatkan gangguan yang berkaitan dengan penurunan gairah seksual loh. 

Karenanya, kamu dapat memanfaatkan daun kelor guna meningkatkan mood positif dan melancarkan aliran darah karena sifatnya yang afrodisiak.

2. Meningkatkan energi

Jika sedang merasa lelah, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi daun kelor. Ya, daun kelor termasuk dalam salah satu makanan penambah energi yang bebas kafein. 

Hal ini karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Termasuk zat besi dan vitamin B, C, serta D.

BACA JUGA:Membuat Wedang Bajigur, Minuman Tradisional Indonesia Terenak, Cocok untuk Menghangatkan Tubuh!

3. Mencegah penuaan dini

Tahukah kamu, daun kelor mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang bekerja dengan memerangi kerutan dan membuat kulit tampak lebih awet muda. 

Kedua senyawa mampu mencegah tanda penuaan dini. Tips awet muda super murah.

4. Melancarkan pencernaan

Daun kelor mengandung serat larut dan tidak larut yang baik untuk pencernaan. Serat larutnya akan tercampur dengan air dan berubah menjadi gel yang dapat memperlambat proses pencernaan sehingga menimbulkan rasa kenyang yang lebih tahan lama.

Serat tidak larutnya akan menambah volume tinja, yang melewati saluran pencernaan dengan mudah. Hal Ini dapat menghindarkan risiko sembelit atau susah buang air besar.

5. Meningkatkan kolesterol baik

Kemampuan daun kelor dalam meningkatkan kolesterol baik dapat mencegah penyakit jantung, dengan cara menurunkan lemak dan mencegah penumpukan plak di dinding arteri.

Selain itu, tanaman satu ini terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi pemicu sakit jantung. 

6. Menjaga kesehatan hati

Daun kelor memiliki konsentrasi polifenol tinggi, yang dapat melindungi hati dari kerusakan oksidatif. Tanaman ini juga berperan penting dalam meningkatkan kadar protein dalam hati.

BACA JUGA:6 Manfaat Air Rebusan Serai Campur Jahe, Nomor 5 Bikin Anda Tenang

7. Menjaga kesehatan tulang

Tingginya kalsium dan fosfor dalam tanaman herbal ini, mampu meningkatkan kesehatan tulang dengan memerangi radang sendi dan mempercepat proses penyembuhannya. Anti jompo sekali nih!

8. Menurunkan kadar gula darah

Meski belum teruji 100%, daun kelor ternyata dapat meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin guna mencegah resistensi insulin.

9. Mengurangi peradangan

Peradangan sebetulnya adalah respon alami tubuh terhadap infeksi atau cedera.

Dalam sebuah studi disebutkan, daun kelor mampu mengatasi peradangan dalam tubuh berkat kandungan isothiocyanate didalamnya.

10. Menjaga kesehatan otak

Kandungan antioksidan dalam daun kelor, bekerja dengan menurunkan risiko tubuh dari ancaman penyakit Parkinson dan Alzheimer.

11. Mengontrol tekanan darah

Daun kelor mengandung senyawa kalium yang mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh sehingga tetap stabil, dan terhindar dari  risiko terjadinya hipertensi.

BACA JUGA:7 Khasiat Luar Biasa Teh Hijau dalam Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

12. Menghambat perkembangan sel kanker

Ekstrak kulit batang dan daun kelor yang mengandung antioksidan efektif membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh. Seperti kanker usus besar, pankreas, dan payudara.

 

Cara Mengkonsumsi Daun Kelor yang Benar

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal kamu perlu memetik dan memilih daun kelor berwarna hijau segar dan tidak berlubang atau rusak daunnya.

Jika sudah, kamu bisa membersihkan nya dengan rendaman air bersih. Kemudian keringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, tumbuk atau blender hingga teksturnya halus. Pindahkan dalam wadah bersih dan tertutup. 

Untuk menikmatinya, cukup seduh 1 sampai 2 sendok teh daun kelor dengan air panas. Jika suka, kamu bisa menambahkan madu dan perasan lemon sesuai selera.

Jangan lupa untuk memperhatikan takaran dan tidak mengonsumsi berlebihan, selamat mencoba!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: