9 Khasiat Buah Bidara untuk Kesehatan, Si Penghuni Surga yang Kaya Manfaat!

9 Khasiat Buah Bidara untuk Kesehatan, Si Penghuni Surga yang Kaya Manfaat!

Buah bidara yang kaya manfaat-Disway-Pinterest Ujiek Sugiarto

DISWAYJOGJA.ID - Saat mendengar kata bidara, tentu kita akan tertuju pada suatu tanaman yang terkenal bisa mengusir jin. Namun siapa sangka, tanaman ini ternyata memiliki buah yang jarang diketahui banyak orang loh.

Buah ini umumnya dimakan mentah atau dikeringkan sebagai manisan. Jenisnya pun beragam, ada yang seukuran biji nangka, berbentuk seperti kurma atau yang menyerupai apel hijau.

BACA JUGA:Rahasia Kesehatan dari Daun Bidara: 6 Manfaat Dahsyat dan Cara Membuatnya

Buah bidara mengandung banyak nutrisi seperti lemak, protein, zat besi, hingga berbagai vitamin dan senyawa lainnya. Berikut 9 khasiat buah bidara untuk kesehatan yang jarang orang ketahui;

1. Kaya akan serat

Tahukah kamu? Buah bidara mengandung serat yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Serat ini dapat membantu mengatasi masalah sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mengurangi risiko penyakit usus besar, seperti kanker usus.

2. Sumber antioksidan

Selain serat, Buah bidara juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan vitamin C. Senyawa tersebut berperan penting dalam melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. 

Mengonsumsi Buah bidara, sama halnya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit degeneratif, seperti kanker dan penyakit jantung.

3. Menurunkan risiko diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam Buah bidara juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah loh. Serat berperan melambatkan penyerapan glukosa dalam tubuh, sehingga mencegah lonjakan gula darah yang berlebihan. 

Tak hanya itu, Buah bidara juga mengandung polifenol yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang secara tidak langsung membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

BACA JUGA:10 Cara Mengolah Buah Bidara Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh, Kamu Pilih Cara yang Mana Nih?

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan polifenol dan serat larut dalam Buah bidara diketahui sangat baik untuk kesehatan jantung. Serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

Sedangkan polifenol dapat membantu menurunkan tekanan darah dan peradangan. Kandungan keduanya membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Buah bidara mengandung karotenoid, seperti lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Karotenoid memiliki peran penting dalam melindungi retina dan lensa mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. Kandungan vitamin C dalam buah ini juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula dan katarak. Ajaib ngga si?

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Siapa bilang jika kalsium hanya terdapat pada susu? Nyatanya, Buah bidara juga terbukti mengandung Kalsium dan magnesium yang membantu membangun dan memperkuat tulang loh.

Kandungan vitamin K didalamnya turut membantu dalam pembentukan protein yang diperlukan guna kepadatan tulang yang optimal. Mengonsumsi Buah bidara dapat mengurangi risiko osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang.

7. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada Buah bidara dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, yakni suatu protein yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. 

Sedangkan antioksidan berperan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi lingkungan. Jika ingin memiliki kulit yang lebih sehat dan terawat, cobalah untuk mengkonsumsi Buah Bidara ini.

8. Menjaga berat badan ideal

Perlu diketahui, Buah bidara termasuk dalam kategori buah rendah kalori, sehingga sangat baik untuk menjaga berat badan yang sehat. Kandungan serat dalam apel ini juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengendalikan nafsu makan. Menarik sekali bukan?

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Buah bidara telah digunakan sebagai cara tradisional untuk mengobati masalah tidur seperti insomnia. Ini berkat kandungan  flavonoid-saponin dan polisakarida yang ada didalamnya. 

Saponin ini dipercaya mampu mendukung kualitas tidur, sehingga akan memberikan efek menenangkan pada seluruh sistem saraf, dan tidur pun lebih nyenyak.

Demikian 9 khasiat Buah bidara untuk kesehatan. Dengan sejuta manfaat dan nutrisinya, jangan ragu untuk menambahkan buah ini dalam daftar camilan sehatmu. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: