4 Rekomendasi Bank Digital Syariah untuk Kemudahan Bertransaksi Namun Tetap Menerapkan Prinsip Islam

4 Rekomendasi Bank Digital Syariah untuk Kemudahan Bertransaksi Namun Tetap Menerapkan Prinsip Islam

girl with phone--sewuparistudio via pixabay.com

DISWAY JOGJA - Perkembangan teknologi dalam era digital telah mencakup banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali dalam bidang perbankan syariah. Bank digital syariah merupakan perbankan digital yang menerapkan prinsip-prinsip syariah Islam dalam setiap transaksinya dan dapat diakses melalui jejaring internet.

Bank digital syariah tidak memiliki kantor cabang fisik seperti bank-bank konvensional lainnya, sebagai gantinya segala hal dalam bank digital syariah dilakukan secara virtual, dari mulai pembuatan hingga menghubungi customer service.

Selain itu dalam perhitungan keuntungan, bank syariah memakai sistem bagi hasil sesuai prinsip syariah Islam, berbeda dengan bank konvensional yang menggunakan suku bunga dalam perhitungannya.

Oleh sebab itu, banyak nasabah Muslim yang lebih memilih menabung di bank syariah untuk menghindari riba. Dalam mengikuti perkembangan zaman, bank syariah hadir untuk memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi kapan saja serta di mana saja selama terhubung dengan internet, dan tentunya tetap menerapkan hukum syariah Islam yang berlaku.

Namun demikian, sayangnya, bank digital syariah di Indonesia untuk saat ini masih belum banyak. Tetapi ada beberapa bank yang mulai menghadirkan layanan ini. Berikut ulasan lengkap dan rekomendasi produk bank syarih yang dapat Anda coba.

BACA JUGA:Mulai 5 Ribu Per Bulan, Ini 4 Rekomendasi Bank yang Cocok Untuk Kamu Menabung!

BACA JUGA:3 Cara Membuka Rekening BRI dengan Mudah, Tidak Perlu ke Bank!

Bank Digital Syariah Murni

Saat ini terdapat dua bank syariah murni yang ada di Indonesia dan menawaerkan beragam manfaat untuk nasabahnya. Berikut adalah contoh bank digital syariah murni yang ada:

1. Bank Aladin Syariah

Bank Aladin Syariah adalah bank digital syariah murni pertama yang ada di Indonesia. Bank ini sudah membandung ekosistem yang telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan ritel di Indonesia, antara lain, PT Sumber Alfaria Trijaya, Halodoc, Google, hingga Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Cukup besarnya ekosistem yang telah dibangun oleh Bank Aladin Syariah tentunya akan mempermudah nasabah dalam menggunakan layanan digital perbankan ini.

2. Jago Syariah

Jago Syariah merupakan layanan perbankan syariah digital yang sangat mempermudahkan bagi calon nasabah untuk membuka rekening tanpa harus datang ke kantor cabang.

Pembuatan rekening hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat yaitu hanya lima hingga sepuluh menit saja. Fitur dan layanan yang terdapat pada Jago Syariah sama dengan bank-bank konvensional lainnya, selama tidak melanggar prinsip-prinsip syariah Islam.

Salah satu fitur yang sedang dikembangkan oleh Jago Syariah adalah perhitungan zakat yang otomatis akan masuk ke rekening nasabah nanti nya, hal ini tentu akan mempermudah nasabah dalam membayar zakat nya.

BACA JUGA:Butuh 100 Juta Tanpa Jaminan dan Cepat Cair? 5 Bank ini Solusinya

BACA JUGA:Catat! 5 Bank ini Bisa Memberimu Pinjaman Tanpa Jaminan! Anti Ribet dan Super Cepat

Bank Konvensional Syariah

Selain bank digital syariah murni yang sudah disebutkan diatas, ada juga produk syariah yang dikeluarkan oleh bank-bank konvensional.

Perbedaanya dengan bank digital syariah murni adalah bank konvensional memiliki kantor cabang fisik. Namun, bank ini juga menyedikan produk tabungan syariah yang dapat nasabah akses secara digital. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Danamon Save iB (Bank Danamon)

Danamon Save iB merupakan produk dari Bank Danamon yang menawarkan tabungan syariah dengan pilihan akad mudharabah bagi hasil dan wadiah titipan.

Nabasah tidak perlu datang ke kantor cabang, pembukaan tabungan syariah bank danamon bisa dilakukan secara online selama memenuhi syarat ketentuan yang berlaku.

2. Octo Savers iB (Bank CIMB Niaga)

Produk tabungan syariah dari Bank CIMB Niaga menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menabung dengan prinsip-prinsip syariah Islam tanpa ribet. Bank digital syariah ini menghadirkan fitur dan kemudahan dalam bertransaksi bagi nasabah.

Meskipun bukan merupakan bank digital syariah murni, namun produk perbankan syarih dari bank CIMB Niaga ini dapat diakses secara online sehingga akan lebih memudahkan nasabah dalam menggunakannya.

BACA JUGA:Aplikasi MyBank Punyai Tampilan dan Fitur Baru untuk Pengalaman Perbankan Digital yang Lebih Memudahkan

BACA JUGA:5 Langkah Menghapus Informasi Pribadi di Platform Pinjaman Online, Agar Daftar Hitam di Bank Indonesia Bersih!

Demikianlah rekomendasi bank digital syariah yang dapat Anda coba, untuk kemudahan dalam bertransaksi namun tetap menerapkan prinsip-prinsip syariah Islam.

Selamat Mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: