Hindari Sebelum Terlambat, 7 Penyebab Diabetes di Usia Muda

Hindari Sebelum Terlambat, 7 Penyebab Diabetes di Usia Muda

Penyakit Diabetes dan penyebab-penyebabnya--

Perubahan hormon membuat kerja insulin dalam mengelola gula darah melambat dan menyebabkan resistensi insulin pada ibu hamil. Saat kadar gulanya tinggi, muncullah penyakit diabetes ini.

BACA JUGA: 12 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan, No 11 Pria Harus Tahu!

Dilansir dari MayoClinic, selain ibu hamil, risiko diabetes gestasional ini bisa menurun kepada anak yang dikandungnya. Bahkan jauh lebih berisiko untuk terkena diabetes tipe-2.

3. Gemar makan makanan manis

Kamu penggila makanan manis? lebih baik segera kurangi hobimu itu. Gemar mengonsumsi makanan manis juga jadi salah satu penyebab diabetes di usia muda.

Kebiasaan ini jelas bisa meningkatkan kadar gula dalam darah yang meningkatkan risiko diabetes.

Sebaiknya, konsumsi gula secukupnya. Rekomendasi normal untuk konsumsi gula per harinya adalah sebanyak 50 gram atau setara dengan empat sendok makan.

4. Berat badan berlebih

Berat badan berlebih atau yang sering disebut sebagai obesitas juga menjadi faktor penting Kamu bisa terkena diabetes di usia muda.

Hal itu karena orang dengan berat badan berlebih umumnya memiliki kadar gula darah yang tinggi sehingga rentan terkena diabetes.

BACA JUGA: Simak! 5 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Untuk perempuan bisa dikatakan obesitas jika lingkar pinggangnya sudah di atas 80 sentimeter (cm). Sementara laki-laki akan dianggap obesitas jika lingkar pinggangnya sudah melebihi 90 cm.

5. Begadang

Tidur tengah malam alias begadang ternyata juga termasuk ke dalam penyebab diabetes di usia muda. Hal itu karena begadang akan mengganggu ritme jam biologis tubuhmu sehingga menimbulkan perubahan hormon yang akan mengganggu kerja insulin.

Biasanya, orang-orang yang hobi begadang atau kurang tidur akan mengalami yang namanya pradiabetes dan dapat mengarah pada diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: