Susah Menghafal Al Qur'an? Ini Dia Cara Menghafalnya. Nomer 5 Wajib Kamu Tahu!

Susah Menghafal Al Qur'an? Ini Dia Cara Menghafalnya. Nomer 5 Wajib Kamu Tahu!

--Islampos

Menghafal Al Qur'an dalam masyarakat islam tentunya sangat terikat dengan erat karna menghafal kitabnya yang banyak sekali keutamaanya jika hafal. Menghafal Kitab Al Qur'an adalah suatu proses pengulangan-ulangan bacaan Al Qur'an baik dengan cara membaca maupun dengan mendengar. 

 

Menghafal Al Qur'an ada beberapa metode yang pertama yaitu dengan cara mengulang-ngulang ayat lima atau sepuluh kali. Yang kedua yaitu dengan cara mendengar dan mengulanginya sebanyak banyaknya. Itulah salah satu metode menghafalkan Al Qur'an. 

 

Ketika kita sudah hafal tentunya kita harus menjaganya dengan baik dan dari kebanyakan orang yang menghafal, banyak hal-hal yang membuat hafalanya hilang salah satunya yaitu melakukan maksiat. Bukan hanya itu saja ada banyak hal lainya juga.

 

Akhirnya kita akan sampai pada pembahasan mudah menghafal Al Qur'an. Nah langkah-langkah disini tidak hanya dapat dilakukan bagi orang yang telah menghafal Al Qur'an maupun bagi orang yang baru belajar/menghafal Al Qur'an. Dibawah ini 5 tips mudah menghafal;

1. Niat

Niat sebagai tolak ukur bagi seorang untuk menghafalkan Al Qur'an. karena segala amal atau perbuatan itu dilandasi dari niat jika niatmu baik maka akan mendapatkan hasil yang baik pula. Namun jika niatmu masih belum matang maka kegigihan untuk menghafal akan kurang sehingga membuat diri kamu itu mudah menyerah akan tetapi jika niatmu kuat dan tekadmu membara maka dalam kondisi apapun, kamu akan menghafal dengan bersungguh-sungguh.

 

2. Membuat target 

 Supaya hafalan kita mudah, kita harus membuat target setiap hari. Misalkan satu hari kita akan mengulang sepuluh kali ayat kemudian di hafalkan. Nah cara itu ketika kita sudah terbiasa melakukanya maka otak kita akan terbiasa bahkan bisa melebihi target yang telah kita atur. Asalkan kita mau konsisten lama lama kita akan terbiasa.

 

3. Mendengarkan ayat ayat Al Qur'an

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tips hafalan