Susah Menghafal Al Qur'an? Ini Dia Cara Menghafalnya. Nomer 5 Wajib Kamu Tahu!

Susah Menghafal Al Qur'an? Ini Dia Cara Menghafalnya. Nomer 5 Wajib Kamu Tahu!

--Islampos

Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu selalu mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran. Lantunan ayat suci Al Quran yang didengarkan secara terus menerus memudahkan kita untuk mudah menghafal. Lantaran secara tidak sadar otak merekam tanpa beban dan kita dapat hafal dengan sendirinya.

 

Mendengarkan ayat ayat Al Qur'an dapat kita dapatkan dengan gadget ataupun mp3. Karna dengan mendengar, secara tidak langsung kita akan mengikutinya dan otak kita akan merespon dengan baik. Apalagi mendengar secara berulang. Tentunya mendengar dalam hal ini yaitu mendengar dengan cara serius tidak sambil bermain atau berdialog dengan teman.

 

4. Konsisten

Konsisten adalah cara cepat menghafal al Quran yang selanjutnya. Konsisten artinya melakukan kegiatan, dalam hal ini menghafal al Quran, dengan cara berulang-ulang dan istiqomah.

 

Dalam menghafal Al Quran, konsep konsisten ini ada yang mengartikan, lebih baik menghafal al Quran secara teratur walau tambahan hafalannya tidak banyak, daripada menghafal banyak dalam satu waktu tapi tidak rutin alias tidak konsisten. Bisa jadi karena tidak konsisten itu akan menghilangkan sebagian atau banyak dari hafalan ayat Al Quran yang sudah kita hafalkan.

 

5. Berdoa

Sepintar apapun otak manusia tanpa bantuan Allah SWT ia tak akan mampu menghafal Al Qur'an yang isi dan maknanya sampai sekarang masih di gali oleh para penyair. Maka dari itu kamu harus perbanyak Do'a supaya dimudahkan hafalanmu dan di beri daya ingat yang tak mudah pudar. Seperti kata pepatah "Usaha tanpa doa adalah sombong dan doa tanpa usaha adalah bohong"

 

Demikianlah 5 tips yang dapat kalian lakukan supaya hafalanmu mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tips hafalan