Tak Disangka, Jumlah Umat Islam di Rusia Ternyata Lebih Banyak daripada Negara Timur Tengah

Tak Disangka, Jumlah Umat Islam di Rusia Ternyata Lebih Banyak daripada Negara Timur Tengah

Umat Islam Rusia melaksanakan sholat Id di depan masjid agung Moskow Rusia.-tangkapan layar-

DISWAY JOGJA – Ternyata negara Rusia yang sedang berperang dengan Ukraina ini memiliki populasi umat Islam yang besar. Bahkan jumlahnya mengalahkan beberapa negara Timur Tengah.

Agama Islam sudah menyebar di Rusia atau dulu Uni Sovyet sejak jaman kekhalifahan Utsman bin Affan. Bahkan waktu itu Islam sudah mencapai Cina dan negara Asia Tenggara. 

BACA JUGA:Woww! Pondok Pesantren di Bojonegoro ini Kirimkan Ribuan Santri Kuliah ke Al Azhar Mesir

Beberapa negara pecahan Uni Sovyet setelah runtuh dan sekarang berdiri menjadi negara sendiri dan mempunyai populasi Islam mayoritas. 

Negara tersebut antara lain; Kazakstan, Uzbekistan, Tajikistan dan Turkmenistan. Bahkan penyusun kitab hadist sahih Bukhari yaitu Imam Bukhari berasal dari daerah Bukhara di Uzbekistan. 

Jumlah Umat Islam di Rusia 

Setelah Uni Sovyet runtuh, muncul negara Federasi Rusia dengan luas wilayah yang lebih kecil. Namun ternyata masih menyisakan jutaan penduduk muslim yang cukup besar. 

Saat ini setidaknya sekitar 30 juta warga Rusia beragama Islam dari 147 juta total penduduk. Agama terbesar yang menjadi pegangan penduduk Rusia adalah Kristen Orthodox. 

BACA JUGA:Ternyata Ada Puluhan Juta Pemeluk Kristen di Arab, Ini Daftar 10 Negara Arab dengan Jumlah Kristen Terbanyak

Amy Maulana Ketua Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Federasi Rusia dan Eropa Utara (FREU), menjelaskan bahwa agama Islam merupakan agama terbesar kedua di Rusia.

Mayoritas umat Islam di Rusia adalah beraliran Sunni dengan madzhab Hanafi dan Syafi’i.

Daerah Rusia yang mayoritas beragama Islam berada di propinsi Ingushetia, Chechnya, Dagestan, Kabardino-Balkaria, dan Karachay-Cherkessia.

Perbandingan Jumlah Umat Islam Rusia dan Negara Timur Tengah

Jumlah populasi penduduk Rusia yang menganut agama Islam sebanyak 30 juta jiwa. Itu sudah mengalahkan jumlah umat Islam di beberapa negara Timur Tengah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: