Woww! Pondok Pesantren di Bojonegoro ini Kirimkan Ribuan Santri Kuliah ke Al Azhar Mesir

Woww! Pondok Pesantren di Bojonegoro ini Kirimkan Ribuan Santri Kuliah ke Al Azhar Mesir

Calon mahasiswa binaan Mumtaza Center siap berangkat menuju berbagai universitas di Timur Tengah.--

DISWAY JOGJA – Siapa sangka pondok pesantren yang berlokasi di Bojonegoro ini telah mengirimkan ribuan santri untuk melanjutkan kuliah di Universitas Al Azhar Mesir

Pondok pesantren ini bernama Mumtaza. Yang berlokasi di Dusun Area Sawah, Ngumpak Dalam, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. 

Kelompok mahasiswa terakhir yang sudah berangkat tahun 2023 dan berkesempatan melanjutkan pendidikan di Al Azhar Mesir sebanyak 76 orang. 

Jumlah ini menggenapkan sebanyak 1.356 mahasiswa yang meneruskan kuliah di Mesir melalui program pendidikan di pondok pesantren Mumtaza Bojonegoro

Sejak tahun 2009 pondok pesantren Mumtaza sudah terkenal di kalangan pelajar yang ingin melanjutkan kuliah di Timur Tengah. 

BACA JUGA:Al Azhar Mesir Hampir Ditutup Presiden Soekarno Menyelamatkannya, Ini Dialognya dengan Presiden Mesir

Sebelum berkembang menjadi pondok dan menyelenggarakan pendidikan formal, masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Mumtaza Center

Mumtaza Center adalah lembaga konsultan pendidikan bagi santri atau pelajar dari berbagai sekolah Islam, Madrasah Aliyah, dan pondok pesantren dari seluruh Indonesia yang bercita-cita melanjutkan pendidikan ke Al Azhar. 

Namun pondok Mumtaza sekarang sudah mendapat ijin juga untuk menyelenggarakan pendidikan formal. 

Ada 3 pendidikan formal di Mumtaza yang telah mendapatkan izin operasional resmi dari pemerintah. Yaitu Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya.

Selain ke Al Azhar Juga ke Turki, Rusia, dan Jerman

Sejak tahun 2009 Mumtaza Center telah menyelenggarakan pendidikan non formal untuk persiapan kuliah di Al Azhar Mesir. 

Lalu mulai tahun 2019 melebarkan sayap dengan membuka jalur kuliah ke Turki. Dan pada tahun 2022 sudah membuka jalur untuk kuliah di Pakistan, Yaman, Russia, dan Jerman.

Pondok pesantren yang berlokasi di Bojonegoro ini pimpinan oleh kyai muda KH. Ahmad Hafifi, Lc., M.A. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: