Treking ke Wisata Terbaru 2024 Gunung Butak: Tampilkan Sabana Indah Membuat Hati Bahagia, Cek Infonya Disini

Sabtu 20-04-2024,03:15 WIB
Reporter : M Bakhrul Ulum
Editor : Syamsul Falaq

Hal ini menjadi perjalanan menuju puncak gunung Butak sangatlah tidak terasa. Terlebih sepanjang pendakian, pendaki akan disuguhkan dengan udara yang sejuk serta keasrian alamnya.

Gunung Butak sendiri hanya memiliki 4 jalur rute pendakian. Rute tersebut antara lain:

1. Rute Via Sirah-Kencong (jalur Desa Semen-Gandusari-Blitar)

2. Rute Via Gunung Kawi Kepanjen

3. Rute Via Desa Gading Kulon-Dau-Malang

4. Rute Via Gunung Panderman, Batu

Dari keempat rute pendakian menuju puncak gunung Butak, rute via Sirah-Kencong yang paling populer. Terlebih sepanjang perjalanan pendakian wisata populer terfavorit Gunung Butak akan ditemani dengan keindahan alam yang mempesona.

BACA JUGA : Hiking Seru Wisata Terbaru 2024 Gunung Sumbing: Sajikan Jalur Pendakian, Rute Bowongso Bukan Untuk Pemula

Terkhusus ragam vegetasi yang akan ditemukan berbeda beda pada jalur via Sirah-Kencong ini. Mulai dari ketinggian 1.400-1.500 mdpl, pendaki akan disambut oleh vegetasi kecubung gunung, paku, pisang batu serta mlandingan gunung.

Dan untuk selanjutnya pada ketinggian 1.500-2.500 mdpl, pendaki akan melewati vegetasi alang-alang. Serta cantigi, congkok, timun hutan, bandotan, wali songo dan kirinyuh.

Sementara untuk ikon hamparan sabana berada di ketinggian 2.500-2.868 mdpl. Di sabana ini terdapat berbagai tanaman yang ada, mulai cemara, edelweis, semanggi gunung, ageratina riparia, arbei gunung dan daun rusa.

Gunung Butak sendiri memiliki dua jenis hutan yang  ada pada jalur pendakiannya. Hutan tersebut adalah hutan hujan tropis dan hutan lumut.

BACA JUGA : 5 Jalur Pendakian Wisata Terbaru 2024 Gunung Merbabu, Tawarkan Sensasi Sejuknya Alam di Puncak Kenteng Songo

Gunung Butak merupakan salah satu gunung yang sangat cocok untuk hiking. Terlebih jalan yang tidak terlalu terjal dan curam sangat cocok untuk pendaki pemula.

Pesona keindahan yang lebih akan didapatkan pendaki ketika sudah mencapai puncak gunung Butak. Dari atas puncak, pendaki dapat menyaksikan keindahan sebagian dari provinsi Jawa Timur. 

Hal ini menjadikan keseruan tersendiri bagi pendaki yang ingin hiking di wisata gunung Butak ini. Terlebih akan sangat ramai pendaki pada musim liburan tiba di gunung Butak ini. 

Kategori :