Pencak Wisata Budaya 4, Membuka Wawasan Pencak Silat dan Perkenalkan Berbagai Budaya Lokal ke WNA

Pencak Wisata Budaya 4, Membuka Wawasan Pencak Silat dan Perkenalkan Berbagai Budaya Lokal ke WNA

Ilustrasi Ajang dua tahunan Pencak Malioboro Festival dengan tajuk ‘Pencak Wisata Budaya 4’ Membuka Wawasan Pencak Silat dan Berbagai Budaya Lokal Lain ke WNA--iStockphoto

diswayjogja.com - Ajang dua tahunan Pencak Malioboro Festival kembali diselenggarakan dengan tajuk ‘Pencak Wisata Budaya 4’ pada Oktober 2024.

Serangkaian agenda yang diselenggarakan untuk memeriahkan acara yang bertujuan mengenalkan warisan budaya Bangsa Indonesia.

Kenalkan Silat Hingga Jemparingan ke Mahasiswa Mancanegara

Yosi anggota Komunitas Paseduluran Angkringan Silat mengatakan, salah satu agenda dalam Pencak Wisata Budaya 4 adalah membuka wawasan pencak silat dan berbagai budaya lokal lain kepada warga negara asing (WNA) yang kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Para mahasiswa ini ‘nge-camp’ di Desa Sangurejo, Turi, Kabupaten Sleman pada tanggal 24-26 Oktober 2024 dan diikutsertakan dalam kunjungan ke tempat pembuatan keris, ikat kepala tradisional, belajar gamelan, membatik, dan tentunya menjajal gerakan pencak silat.

BACA JUGA : Relawan DeAr Brebes Kompak Deklarasikan Pemenangan Paramitha-Wurja di Pilkada 2024

BACA JUGA : Taru Martani Siapkan Pusat Pangan Di DIY, Ternyata Ini Tujuannya

Program ini mengambil konsep camp pelatihan di mana para warga negara asing (WNA) akan berbaur dengan penduduk lokal setempat.

“Diperkenalkan budaya kita, Diperkenalkan dan kalau berikutnya mau belajar, dipersilahkan,” kata Yosi kepada awak media di Yogyakarta, Rabu (23/10/2024).

Selain itu, akan diselenggarakan lomba koreografi pencak untuk anak di Taman Pintar pada hari yang sama.

Acara ini yakni menyatukan seni budaya, olahraga dan hiburan untuk memperkenalkan pencak silat kepada generasi muda. Acara lomba ini memperebutkan Piala bergilir KGPAA Paku Alam X.

Taman Pintar juga menjadi lokasi kegaiatan lainnya. Kegiatan tersebut seperti workshop bazar dan mewarnai yang bertemakan pencak silat.

Pencak 4 Jam, Ajang Pesilat Pamer Jurus

Puncak acara Pencak Wisata Budaya 4, kata Yosi, dipusatkan di Titik Nol Kilometer Kota Yogyakarta lewat parade ribuan pesilat selama 4 jam atau ‘Pencak 4 Jam’ pada tanggal 26 Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.idntimes.com