Cara Memasang Kapasitor Merek Mesin Cuci Terbaik Sendiri

Cara Memasang Kapasitor Merek Mesin Cuci Terbaik Sendiri

cara yang bisa kamu lakukan sendiri dalam memasang kapasitor merek mesin cuci terbaik yang rusak-www.freepik.com-

diswayjogja.com - Setiap alat elektronik mempunyai masa penggunaan tertentu yang membuat kamu harus menyiapkan diri untuk berhadapan dengan beberapa masalah kerusakan. Seperti kerusakan pada merek mesin cuci terbaik.

Oleh sebab itu, kemampuan dalam mengidentifikasi kerusakan merek mesin cuci terbaik dan melakukan perbaikan dengan mandiri merupakan hal yang penting yang harus kamu miliki sekarang ini.

Salah satu kemampuan yang sederhana yang saat ini tergolong sangat krusial yaitu menguasai cara pemasangan kapasitor merek mesin cuci terbaik.

Kapasitor merupakan komponen pada mesin cuci yang ukurannya mungil dan biasanya kurang perhatian ketika merek mesin cuci terbaik dapat berfungsi secara normal. Padahal sebenarnya kapasitor mempunyai peran yang besar bagi mesin cuci.

BACA JUGA : Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Terbaik, Hemat Dan Awet

BACA JUGA : Cara Mengeringkan Pakaian Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik Sesuai Jenisnya

Ciri-ciri kapasitor mesin cuci rusak :

- Keadaan dinamo tetap berputar namun dengan gerakan yang lemah. Akibatnya putaran tabung mesin cuci juga jadi ikut lemah.

- Dinamo mesin cuci tidak bisa berputar bahkan ketika kamu mengatur timer.

- Suara yang dikeluarkan mesin cuci lebih bising dari biasanya.

- Muncul bunyi dengung ketika kamu mengatur timer mesin cuci namun dinamo tetap tidak bisa berputar.

- Perubahan fisik yang terjadi pada kapasitor, seperti badan kapasitor yang telihat menggelembung atau meleleh.

- Mesin cuci gagal dalam menjalankan program apa pun yang sudah kamu pilih.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Cepat Rusak, Berikut Tips Merawatnya Agar Awet

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

Penyebab kapasitor mesin cuci rusak :

- Masa penggunaan mesin cuci sudah sangat lama sehingga membuat performa pada komponennya jadi makin menurun.

- Sering memasukkan pakaian dengan beban yang berlebih saat mencuci atau mengeringkannya di mesin cuci sehingga membuat kapasitor sering bekerja dengan ekstra keras.

- Waktu pemakaian mesin cuci sudah sangat lama sampai menyebabkan kapasitornya terbakar.

- Sambungan listrik mengalami masalah kemudian mengakibatkan korsleting di mesin cuci.

Cara memasang kapasitor mesin cuci sendiri :

1. Pastikan mesin cuci kamu tidak terhubung pada aliran listrik agar proses pemasangan kapasitor bisa berlangsung dengan aman. Selain itu, kamu juga harus memastikan tidak terdapat genangan air di area mesin cuci yang rentan memicu terjadinya korsleting.

2. Lepas penutup yang ada di belakang unit mesin cuci. Lalu semua komponen yang ada pada mesin cuci di bagian dalam kamu amati. Temukan kapasitornya, biasanya memiliki bentuk berupa tabung yang berukuran kecil dan warnanya putih atau hitam. Kapasitor merek mesin cuci terbaik 2 tabung memiliki 4 kabel di atas, dan kapasitor pada mesin cuci 1 tabung cuma punya 2 kabel.

BACA JUGA : Cara Mencuci Hijab Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Penyebab Selang Pembuangan Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak, Begini Cara mengatasinya

3. Lepas kapasitor perlahan dari bodi mesin cuci, kemudian lihat nilai yang ada di bodi kapasitor. Nilai bawaan tersebut harus kamu jadikan acuan untuk menentukan nilai pada kapasitor yang baru. Oleh karena itu, usahakan agar kamu beli kapasitor baru yang memiliki nilai yang sama persis atau nilainya sedikit lebih besar dari kapasitor yang lama yang sudah rusak.

4. Jika sudah menyiapkan kapasitor yang baru yang nilainya sesuai, kamu bisa segera memasangkannya. Pemasangan kapasitor yang memiliki 4 kabel untuk mesin cuci model 2 tabung harus kamu hubungkan kapasitornya pada tabung pencuci dengan nilai yang lebih besar. Dan untuk kapasitor yang nilainya lebih kecil harus kamu hubungkan pada tabung pengering mesin cuci.

5. Sambung kapasitor ke dinamo dan perhatikan kesesuaian dengan warna kabel. Dinamo biasanya mempunyai 3 kabel yaitu kabel warna biru, warna hitam dan warna merah. Kabel yang warnanya hitam dan warna merah harus kamu hubungkan pada kabel kapasitor, dan kabel yang warna biru harus dihubungkan pada aliran listrik.

6. jika proses pemasangan kapasitor telah selesai, kemudian tutup bagian-bagian kabel yang masih terbuka dengan menggunakan selotip khusus untuk kabel, hal ini dilakukan untuk mencegah risiko korsleting. Proses ini harus dilakukan dengan perlahan-lahan supaya hasilnya rapi.

BACA JUGA : Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Bahan Alami

7. Kamu tinggal tutup cover belakang mesin cuci sampai rapat dengan sempurna. Setelah seluruh proses tersebut sudah selesai, kamu dapat menyambungkan mesin cuci pada sumber listrik untuk menguji kinerjanya setelah dilakukan penggantian kapasitor.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk memasang kapasitor merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat!.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia