Penyebab Selang Pembuangan Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak, Begini Cara mengatasinya

Penyebab Selang Pembuangan Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak, Begini Cara mengatasinya

Penyebab Selang Pembuangan Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak Dan Cara mengatasinya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kegiatan beres-beres rumah setiap hari saat ini semakin mudah dengan adanya dukungan dari alat elektronik yang berteknologi canggih, seperti merek mesin cuci terbaik.

Apabila kamu sudah mempunyai merek mesin cuci terbaik, tentu kamu tidak akan repot-repot mengurus cucian yang kotor yang sudah menumpuk. Kamu hanya memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci dan mengatur pengoperasiannya, lalu proses pencucian akan mulai dengan sendirinya.

Kamu juga harus teliti dalam merawat merek mesin cuci terbaik supaya tidak gampang rusak. Jangan sampai kamu mengabaikan kualitas tiap komponen dari mesin cuci, seperti selang mesin cuci.

Selang merek mesin cuci terbaikmu yang bermasalah bisa mengakibatkan kebocoran. Apabila mesin cuci bocor, maka proses pencucian tidak dapat berlangsung secara maksimal bahkan bisa berisiko mesin cuci jadi mati total atau bisa juga memicu korsleting listrik.

BACA JUGA : 7 Tanda Merek Mesin Cuci Terbaikmu Rusak

Kebocoran pada selang merek mesin cuci terbaik juga akan membuat proses pembuangan air jadi terhambat bahkan sampai tumpah keluar mesin cuci.

kebocoran juga bisa karena faktor lain, seperti penempatan merek mesin cuci terbaik di posisi yang miring, kerusakan karet gear box, dan pintu mesin cuci jenis bukaan depan tidak tertutup rapat ketika proses pencucian dimulai.

Berikut penyebab selang pembuangan mesin cuci rusak :

1. Katup selang mesin cuci kotor

Keadaan katup atau seal drain valve pada mesin cuci yang sudah kotor juga akan membuat air secara terus menerus keluar walaupun knop pembuangan telah ditutup. Kotoran yang sudah menumpuk di katup juga membuatnya tidak bisa tertutup dengan rapat sehingga menyebabkan air mengalir tanpa berhenti.

2. Selang tidak terpasang secara benar

Jika selang pembuangan tidak dipasang secara tepat, maka air akan bocor dan tidak bisa mengalir secara benar ke tempat yang telah disediakan.

BACA JUGA : Tips Mencuci Baju Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Front Load

3. Usia mesin cuci

Makin panjang usia mesin cuci, maka akan semakin rentan juga terjadi kerusakan pada setiap komponennya. Mesin cuci yang digunakan bertahun-tahun dapat membuat selang atau juga katupnya rapuh, bahkan bisa saja pecah sampai tidak dapat dipakai lagi.

4. Gangguan hama

Hama berupa hewan tikus sering jadi penyebab selang pembuangan mesin cuci mengalami kebocoran. Hal itu bisa terjadi sebab tikus akan menggigit di bagian-bagian tertentu di selang sehingga membuat selang jadi bolong tidak bisa berfungsi dengan maksimal sampai berujung kebocoran.

Beirkut cara mengatasi selang pembuangan mesin cuci yang bocor :

1. Membersihkan katup selang mesin cuci

Apabila kebocoran itu karena katup selang mesin cuci yang tersumbat oleh kotoran, kamu dapat mengatasinya dengan membersihkan katupnya. Sebelum proses pembersihan dimulai, pastikan bahwa knop pembuangan telah ada dalam posisi yang tertutup. Lalu, buka tutup di belakang mesin cuci dengan memakai obeng. Buka tali pengait kemudian buka tutup drain valve.

Apabila tutupnya susah dibuka, kamu bisa gunakan kunci pas atau tang dengan cara memutarnya ke  kiri atau berlawanan arah jarum jam. Tutup drain valve yang telah dibuka membuat kamu dapat melihat kotoran yang menumpuk di bagian komponen tersebut.

Bersihkan semua kotoran hingga tuntas agar kebocoran tidak kembali terulang. Jika proses pembersihan telah selesai, pasang lagi drain valve di posisi yang tepat kemudian tutup bagian belakang mesin cuci supaya rapat kembali.

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung dan 2 Tabung Agar Awet

2. Mengganti katup yang rusak

Jika kamu menjumpai keadaan katup yang sudah mulai rusak, sebaiknya kamu segera menggantinya yang baru agar kondisi mesin cuci bisa kembali seperti semula.

3. Memasang selang baru

Masalah selang mesin cuci yang bocor akibat usia atau akibat hama bisa diatasi dengan cara memasang selang yang baru. Kamu harus membeli selang yang baru sesuai dengan tipe mesin cuci kamu. Lalu, proses pemasangan dilakukan secara hati-hati untuk memastikan tidak terdapat bagian selang yang bocor saat dialiri air.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi selang pembuangan merek mesin cuci terbaik yang mengalami kebocoran. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia