7 Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung dan 2 Tabung Agar Awet

7 Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung dan 2 Tabung Agar Awet

Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung dan 2 Tabung Agar Awet-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek mesin cuci terbaik tentu jadi salah satu alat elektronik yang umum dipakai dan memiliki fungsi yang sangat penting bagi aktivitas di dalam rumah tangga

Harga merek mesin cuci terbaik juga bervariasi sehingga tidak akan menguras isi dompet kamu. Kamu dapat memiliki mesin cuci model 2 tabung di kisaran harga mulai dari 1 jutaan saja.

Selain kamu harus memahami cara menggunakan merek mesin cuci terbaik, kamu juga wajib tahu cara merawat mesin cuci agar alat elektronik tersebut bisa awet dan tidak gampang rusak.

Merawat merek mesin cuci 1 terbaik tabung ataupun 2 tabung sebenarnya tergolong mudah. Kamu hanya perlu lakukan beberapa langkah berikut ini untuk menjaga keadaan mesin cuci kamu.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Bahan Alami

Beriku tips merawat mesin cuci 1 tabung atau 2 Tabung :

1. Membilas Mesin Cuci tiap Selesai Dipakai

Cara membilasnya, masukkan air ke dalam tabung pencucian kemudian pilih waktu pencucian yang paling singkat. Cara ini sangat efektif untuk membuat tabung mesin cuci selalu bersih dan bebas dari bau yang tidak sedap.

2. Mengecek Kondisi Selang dan Kabel Secara Berkala

Kamu wajib pastikan bahwa selang dan kabel tidak terlilit ataupun tidak terendam air selama berlangsungnya proses pencucian. Gulung selang dan kabel dengan perlahan kemudian taruh di tempat yang kering. Sebaiknya, kamu segera pakai selang atau kabel yang baru jika ditemukan bagian kabel atau selang yang sudah mulai rusak.

3. Membersihkan Sisa Detergen pada Mesin Cuci

Bersihkan minimal 1 bulan sekali sisa detergen yang ada di merek mesin cuci terbaik. Cara membersihkannya yaitu kamu tinggal isi air di tabung mesin cuci 2 tabung hingga penuh atau pilih proses pencucian yang level airnya paling tinggi di mesin cuci 1 tabung.

Kemudian, tuang 2 sampai 4 cangkir cuka putih ke tabung mesin cuci kemudian tunggu sebentar supaya proses pencucian seakan-akan sedang berlangsung seperti biasanya.

BACA JUGA : Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung dan Cara Menggunakannya

Apabila proses tersebut telah selesai, buang larutan cuka kemudian bilas tabung menggunakan air yang bersih sebelum kamu mengelapnya menggunakan kain yang bersih dan kering.

Cara ini efektif membersihkan sisa dari detergen dan kerak kotoran yang ada di tabung mesin cuci dan agitator sehingga membuat keadaan mesin cuci jadi kembali prima.

4. Membersihkan Filter Mesin Cuci Dengan Rutin

Filter yang ada pada mesin cuci 1 tabung memiliki fungsi untuk menyaring air yang ada dalam tabung pencucian. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bersihkan filter tersebut minimal 1 bulan sekali agar filter tetap bersih.

Caranya, lepaskan filter dengan perlahan-lahan kemudian cuci pakai campuran cuka dan baking soda hingga bersih. Apabila filter telah bersih, kamu bisa langsung pasang kembali di mesin cuci pada posisi yang benar.

BACA JUGA : 7 Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Usaha Laundry

5. Mencuci Pakaian Sesuai Dengan Kapasitas Mesin Cuci

Beban di dalam mesin cuci yang berlebihan akan membuat agitator mesin cuci tidak bisa berfungsi dengan normal. Sehingga mengakibatkan gerakan pada mesin cuci terganggu dan pakaian jadi tidak bersih dengan maksimal.

Apabila mesin cuci penggunaannya lebih dari kapasitas seharusnya dan dilakukan secara terus menerus, maka kemungkinan akan membuat mesin cuci jadi lebih cepat rusak sampai pada akhirnya mati total.

6. Gunakan Detergen yang Tepat

Detergen khusus untuk mesin cuci diformulasikan menggunakan teknologi khusus yang membuat busa dan residunya jadi berkurang.

Pemakaian detergen yang tepat bisa membuat mesin cuci kamu jadi awet karena tidak gampang rusak akibat dari busa ataupun residu detergen yang berlebihan.

7. Meletakkan Mesin Cuci di Lantai yang Datar dan Kering

Sebaiknya taruh mesin cuci di lantai yang kering dan datar. Hindari meletakkan mesin cuci di kamar mandi sebab lantai kamar mandi yang lembap rentan membuat bodi dan komponen mesin cuci cepat rusak dan bodi mesin cuci juga menjadi kusam dan gampang rusak, lantai yang basah juga akan meningkatkan risiko terjadinya korsleting listrik.

Apabila kamu memakai mesin cuci 1 tabung, maka pastikan keran air yang menuju mesin cuci terpasang secara benar dan tidak ada yang bocor.

Dengan begitu, tidak akan ada air nantinya yang menetes dan membasahi di bagian luar mesin cuci saat sedang digunakan.

BACA JUGA : 6 Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Beserta Keunggulannya

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat merek mesin cuci terbaik 1 tabung maupun mesin cuci 2 tabung agar awet dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia