Perbedaan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 dan 2 Tabung Beserta Tips Memilihnya

Perbedaan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 dan 2 Tabung Beserta Tips Memilihnya

perbedaan merek mesin cuci terbaik 1 tabung dan 2 tabung, serta tips yang bisa kamu simak untuk memilih mesin cuci-kucherav-freepik.com

diswayjogja.com - Membahas tentang alat elektronik rumah tangga tentu tidak akan lengkap tanpa menyebut merek mesin cuci terbaik.

Saat ini merek mesin cuci terbaik memang menjadi salah satu kebutuhan hidup di kalangan masyarakat modern.

Aktivitas mencuci pakaian akan terasa lebih praktis dan ringan dengan bantuan dari merek mesin cuci terbaik.

Jika kamu ingin membeli merek mesin cuci terbaik dalam waktu yang dekat, kamu wajib tahu perbedaan antara mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung dengan lebih detail supaya tidak salah pilih.

BACA JUGA : Tips Mencuci Baju Bayi di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Laundry Pemula

Berikut perbedaan mesin cuci 1t abung dan mesin cuci 2 tabung :

1. Kapasitas

Mesin cuci 2 tabung mempunyai kapasitas beragam mulai dari 6,5 kg sampai 15 kg. Sedangkan mesin cuci 1 tabung memiliki kapasitas mulai dari 6 kg sampai dengan 20 kg.

2. Mekanisme pencucian

Mesin cuci 2 tabung mempunyai bak untuk pengering dan bak untuk mencuci yang posisinya terpisah. Bak untuk mencuci bisa dipakai untuk proses pencucian, perendaman, dan proses pembilasan. Sedangkan untuk proses pengeringan perlu dilakukan di bak pengering.

Mesin cuci 1 tabung hanya punya bak tunggal untuk mendukung semua proses, mulai dari proses perendaman, proses pencucian, proses pembilasan, dan proses pengeringan.

3. Konsumsi listrik

Berbagai macam fitur canggih pada mesin cuci 1 tabung menyebabkan penggunaan listriknya jadi lebih boros dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung. Tetapi, saat ini semua produk mesin cuci sudah hampir dilengkapi dengan teknologi untuk menghemat energi, khususnya pada mesin cuci 1 tabung, jadi kamu tidak perlu khawatir.

BACA JUGA : Tips Mencuci Tas pada Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Menyambung Selang Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Kurang Panjang

4. Ukuran

Ukuran mesin cuci 2 tabung pastinya akan lebih besar dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung karena memiliki 2 bak secara terpisah.

5. Konsumsi air

Apabila kamu ingin lebih menghemat air ketika mencuci, pilihlah mesin cuci 1 tabung karena penggunaan air di mesin cuci 1 tabung akan lebih hemat karena jumlah air sudah diatur secara otomatis.

Dengan begitu, aliran air yang menuju ke mesin cuci tersebut harus kencang agar proses pencucian bisa berlangsung dengan lancar. Sedangkan untuk penggunaan air di mesin cuci 2 tabung biasanya akan lebih boros karena sudah diatur secara konvensional.

6. Fitur

Mesin cuci 1 tabung memiliki harga yang tergolong mahal tentunya akan sebanding juga dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Biasanya mesin cuci 1 tabung dilengkapi dengan fitur untuk mengatur level air, mode pencucian bisa dipilih berdasarkan dengan sifat bahan, menghasilkan uap panas supaya pakaian yang dicuci akan lebih higienis, serta berbagai jenis fitur yang bermanfaat lainnya.

Sedangkan, fitur yang dimiliki mesin cuci 2 tabung lebih terbatas karena hanya memiliki pengaturan durasi pencucian dan pengeringan serta knob untuk pembuangan air.

BACA JUGA : Cara Mengeringkan Pakaian Pada Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tepat

BACA JUGA : Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

7. Harga

Biasanya harga mesin cuci 2 tabung cukup murah yaitu antara 700 ribu sampai 2 juta rupiah. Biasnaya harga untuk mesin cuci 1 tabung akan lebih mahal yaitu sekitar harga 1 juta sampai 10 juta rupiah.

8. Cara pengoperasian

proses pengoperasian merek mesin cuci terbaik 1 tabung akan lebih praktis karena kamu hanya harus melakukan 1 kali pengaturan di tahap awal.

Tentu hal itu berbeda dengan mesin cuci 2 tabung yang memiliki durasi pencucian, durasi pembilasan, dan durasi pengeringan yang harus diatur manual.

Selain itu, kamu juga perlu siapkan waktu untuk memindahkan pakaian dari bak cuci ke dalam bak pengering jika kamu memakai mesin cuci 1 tabung.

BACA JUGA : Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung, Kinerja Optimal Dan Awet

BACA JUGA : 7 Kebiasaan Keliru Ketika Mencuci Pakaian pada Merek Mesin Cuci Terbaik

Berikut tips mesin cuci sesuai dengan kebutuhan :

1. Pilih mesin cuci yang sesuai dengan bujet yang kamu miliki. Kamu wajib menyediakan bujet yang cukup besar jika perlu mesin cuci yang berkapasitas besar yang memiliki berbagai fitur canggih.

2. Ukuran mesin cuci yang kamu pilih harus kamu sesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada di dalam rumah kamu. Jika kamu mempunyai lahan rumah yang ukurannya cukup luas, bukan menjadi masalah yang besar jika kamu mau membeli mesin cuci 2 tabung. Tetapi, jika lahan rumah kamu ukurannya terbatas dapat disiasati dengan cara memilih mesin cuci 1 tabung.

3. Cermati keperluan keluarga kamu. Keluarga yang anggotanya kurang dari 5 orang tentu tidak memerlukan mesin cuci yang mempunyai kapasitas terlalu besar. Tetapi, jika keluarga besar yang memiliki banyak orang kamu bisa memakai mesin cuci yang kapasitasnya besar.

4. Ketahui karakteristik aliran air yang ada di rumah kamu. Jika air bersih di rumah kamu mengalir sepanjang waktu tanpa ada kendala, maka pemakaian mesin cuci 1 tabung menjadi pilihan yang terbaik karena memerlukan 1 aliran air yang khusus.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak, Ini Penyebabnya

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung dan 2 Tabung Agar Awet

Tetapi, tidak demikian apabila di rumah kamu aliran airnya sering mati. Mesin cuci 2 tabung bisa menjadi solusi yang paling efektif untuk persediaan air yang kurang memadai karena penyaluran air akan dilakukan dengan konvensional. Kamu bisa mengangkut air dari dalam bak mandi saat akan memakai mesin cuci 2 tabung.

5. Memahami gaya hidup sekeluarga kamu. Apabila kamu mempunyai asisten rumah tangga atau waktu yang senggang untuk mencuci baju, mesin cuci 2 tabung merupakan pilihan terbaik sebab lebih hemat konsumsi listrik. Sedangkan untuk mesin cuci 1 tabung cocok digunakan untuk keluarga yang anggotanya sibuk yang tidak punya banyak waktu untuk mengurus cucian baju yang kotor.

Itulah perbedaan antara mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung beserta beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan ketika kamu akan membeli merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia