Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik Mati Total, Ini Penyebabnya

Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik Mati Total, Ini Penyebabnya

Penyebab dan Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik Mati Total-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Pada saat merek kulkas terbaikmu mengalami mati, tentu kamu harus cari cara untuk memperbaiki kulkas yang mati total tersebut dengan sesegera mungkin.

Semakin cepat penanganan yang dilakukan, maka akan semakin besar juga peluang merek kulkas terbaik untuk diperbaiki. Terjadinya kerusakan pada kulkas sehingga mati total sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

Merek kulkas terbaik mati total tersebut bisa juga karena hal yang sepele hingga hal yang lumayan serius. Dalam usaha untuk menyalakan kembali kulkas yang mati milik kamu, tentu caranya sesuai dengan penyebabnya.

Dengan demikian, cara untuk penyelesaian masalah pada merek kulkas terbaikmu yang mati ini bisa dilakukan dengan terarah dan sesuai dengan keadaan kulkas kamu.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Banyak Mengeluarkan Air, Periksa Bagian Ini

Berikut cara memperbaiki kulkas yang mari total beserta penyebabnya :

1. Ganti Colokan Steker Listrik

Ketika kondisi kulkas kamu mati total, mungkin penyebabnya karena hal sepele seperti steker listrik yang digunakan mengalami kerusakan. Untuk melihat keadaan kerusakan steker, kamu bisa lihat lampu dalam kulkas. Sebenarnya lampu kulkas ini selain menjadi penerang juga sebagai penanda keadaan aliran arus listrik.

Oleh karena itu, ketika kulkas dicolokkan pada steker, maka lampu bisa menyala saat pintu kulkas di buka. Apabila ada masalah di colokan atau steker tersebut, lampu tidak akan menyala karena tidak terdapat arus listrik.

Kerusakan yang ringan ini masih bisa diperbaiki sendiri, tapi ketika kerusakan terlalu parah, kamu bisa mengganti colokan atau kabel yang baru.

BACA JUGA : Cara Mengganti Segel Pintu Merek Kulkas Terbaik

2. Periksa Tabung Kompresor

Tabung kompresor juga bisa menjadi penyebab kulkas tiba-tiba mati total, hal itu dikarenakan ada komponen pada kompresor yang mengalami kerusakan.

Adanya kompresor ini tentu menjadi bagian penting pada kulkas, hal ini karena dikalim sebagai jantung pacu operasional kulkas agar bisa beroperasi secara normal.

Kompresor biasanya berada di belakang kulkas dan bentuknya mirip tabung gas. Melakukan pengecekan pada kompresor harus hati-hati dan pakai sarung tangan yang berbahan karet.

Caranya dengan menyentuh tabung kompresor tersebut. Apabila tidak terasa getaran di tabung, itu berarti tabung kompresor bermasalah atau mati.

Cara memperbaikinya dengan menyerahkannya ke tukang servis merek kulkas terbaik yang profesional. Hal itu karena memperbai kompresor tergolong sangat rumit dan perlu bantuan alat-alat yang khusus.

BACA JUGA : Andal dan Optimal Menjaga Makanan, Simak 5 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Toshiba

3. Pasang Kapasitor Tambahan

Tujuan dilakukannya hal ini supaya putaran motor terbalik dapat dipicu. Jika kapasitor sudah ditambah, kemudian alirkan listrik dalam 1-2 detik.

Jika motor sudah berhasil untuk berputar kembali, maka dapat dikembalikan lagi rangkaiannya seperti awalnya.

Apabila sudah, maka kompresor bisa kamu coba nyalakan lagi. Jika masih belum juga berhasil, maka kompresor harus diganti supaya kulkas bisa dinyalakan lagi seperti semula.

4. Pakai Tegangan Listrik Lebih Besar

Agar tabung kompresor yang terdapat di kulkas bisa dijalankan, spesifikasi dari tegangan yang dipakai tentu berbeda. Misal ada kompresor kulkas yang mengalami mati total butuh tegangan listrik norma 220 Volt.

Untuk menghidupkannya lagi, kamu bisa coba alirkan tegangan listrik 450 Volt beberapa saat untuk memancing kompresor agar dapat bergerak lagi.

Ketika masalah merek kulkas terbaik mati ada di tegangan listriknya, maka cara itu harusnya ampuh untuk membuat kompresor nyala.

Tetapi apabila setelah cara tersebut dilakukan tapi tidak ada pergerakan, maka bisa dikatakan bahwa kompresor telah rusak. Cara yang bisa kamu lakukan satu-satunya yaitu diganti dengan yang baru.

BACA JUGA : Cara Mengisi Freon Merek Kulkas Terbaik Yang Aman Dan Mudah Diterapkan

5. Cek Kinerja Overload

Jika yang menyebabkan mesin kulkas mati bukan kompresor yang rusak, maka kamu bisa periksa komponen yang lainnya bernama overload protector. Komponen ini fungsinya untuk mengontrol arus listrik yang masuk dalam tabung kompresor.

Ketika suhu tabung kompresor sedang overheat, maka overload bisa memutuskan arus listrik. Tujuannya supaya memberikan kompresor waktu untuk istirahat sebentar.

Saat suhu kompresor telah menurun, maka overload protector akan kembali lagi untuk mengalirkan arus pada kompresor. Untuk memeriksa kinerja overload protector, coba kamu dengarkan bunyi “Tik” di interval selama beberapa detik.

Jika tidak terdengar, bisa jadi overload protector sudah rusak. Kamu bisa menggantinya yang baru.

6. Periksa Komponen Relay

Letak komponen ini biasanya ada dekat dengan kompresor terdapat di bawah kulkas. Ketika kompresor sedang menjalankan tugasnya, maka relay akan bekerja memutus aliran listrik saat tegangannya sudah melebihi kapasitas kompresor. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat akan mengecek riley.

Ketika ingin memeriksa riley, pastikan kamu telah melepas colokan kulkas dan juga gunakan sarung tangan yang memiliki bahan dasarnya karet.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik Freezer VS Chiller, Mana Paling Dibutuhkan Pelaku Bisnis F&B

Pemeriksaan riley bisa dilakukan dengan bantuan obeng sebagai alat untuk mencungkil relay. Kemudian coba goyang bagian relay yang ada di dekat telinga dan kamu dengarkan apakah terdapat suara.

Jika memang terdengar ada suara, kamu dapat lakukan penggantian riley. Setelah itu, pasang riley yang baru ke kulkas yang mati total tersebut. Apabila setelah dinyalakan terdengar ada bunyi desis, maka itu berarti kulkas sudah dapat digunakan lagi secara normal.

Apabila semua cara sudah dilakukan tapi memang belum berhasil, maka langsung saja panggil tukang servis alat elektronik yang profesional.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki merek kulkas terbaik yang tiba-tiba mati total. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: