Cara Mengganti Segel Pintu Merek Kulkas Terbaik

Cara Mengganti Segel Pintu Merek Kulkas Terbaik

Cara Mengganti Segel Pintu Merek Kulkas Terbaik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik yang bocor karena segel pintu kulkas rusak akan membuat energi boros, membuat biaya tagihan listrik jadi tinggi, dan membebani kulkas sehingga mengurangi masa pakainya.

Hal ini juga akan membuat minuman dan makanan yang disimpan di dalamnya bisa lebih cepat untuk basi. Sehingga diperlukan untuk mengganti karet penyegel pintu merek kulkas terbaik atau biasa disebut dengan gasket.

Namun, proses penggantian segel pintu merek kulkas terbaik ini sangat sederhana. Sehingga hal ini dengan mudah kamu lakukan sendiri tanpa perlu bantuan dari teknisi ahli.

Penggantian gasket pintu merek kulkas terbaik ini harus segera dilakukan jika kam ingin kulkas kamu bisa kembali berfungsi mendinginkan makanan dan minuman dengan baik.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik Bau Dan Kotor Sumber Penyakit, Begini Tips Mudah Membersihkannya

Berikut cara mengganti segel pintu kulkas :

1. Lepas gasket yang lama dari pintu kulkas kamu. Genggam pada bagian bawah sisi di dalam pintu kulkas, kemudian tarik gasket tersebut keluar. Di baliknya kamu akan dapat melihat penahan gasket yang terbuat dari bahan logam.

2. Sekrup yang merapatkan penahan logam yang ada di sekeliling pintu kamu longgarkan, namun jangan sampai terlepas seluruhnya. Kamu harus pakai obeng hex untuk melakukan hal tersebut. Angkat di bagian tepian gasket untuk menemukan sekrup yang ada di baliknya yang berguna menahan segel pintu dan pelapis plastik. Sekrup ini biasanya dipasang di pelapis plastik yang menjepit gasket di bagian daun pintu kulkas.

3. Tarik gasket ke arah keluar pintu hingga terlepas setelah sekrup penahannya telah dilonggarkan. Cara ini jangan dilakukan dengan paksa karena pelapis plastik tersebut lumayan rapuh dan bisa mengalami patah  jika kamu terlalu kasar.

4. Ambil dan pasang gasket pintu yang baru. Letakkan di salah satu sudut bagian atas daun pintu merek kulkas terbaik. Dorong bibir gasket yang baru ke penahan logam, lalu geser di bagian belakangnya dan sekeliling pintu kulkas. Sebaiknya kamu mulai dari sudut bagian atas pintu, dan mengerjakannya ke sekeliling pintu.

5. Untuk merapatkan sekrup penahan gasket, pakai obeng hex. Jangan pasang sekrup dengan sangat kencang. Kamu hanya perlu pastikan saja itu sudah cukup rapat.

6. Taburkan bubuk, kamu bisa pakai sedikit bedak bayi atau talk agar tidak lengket.

7. Gosokkan bubuk tersebut pada sekitar sisi sudut engsel gasket pintu kulkas dan tempat segel itu bergeser. Bedak ini guna untuk mencegah gasket pintu tersebut memuntir ketika bertemu dengan logam yang ada pada kulkas.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Banyak Mengeluarkan Air, Periksa Bagian Ini

8. Jika bedak tersebut tidak ampuh untuk mencegah puntiran, kamu bisa mengganjal segel dengan menggunakan obeng ketika menutup pintu, dan biarkan pintunya tertutup selama 1 jam.

9. Pintu kulkas ditutup dan dibuka beberapa kali untuk mengecek gasket. Cari area yang bengkok yang ada di gasket kulkas. Proses ini kamu ulangi beberapa kali.

10. Petroleum jelly kamu gosokkan di sepanjang petroleum jelly apabila kamu melihat sebuah celah sesudah gasket telah terlihat terpasang secara baik, maka rapatkan sekrupnya dengan lebih kencang lagi. Jika tidak, kamu dapat memanaskan gasket pintu tersebut dengan menggunakan pengering rambut untuk memperbaiki celah tersebut. Cara ini bertujuan untuk melunakkan segel pintu merek kulkas terbaik dan dapat diregangkan.

Tips mengganti segel pintu merek kulkas terbaik :

- Gasket kulkas lumayan beragam, sehingga kamu harus baca buku panduan pemakaian kulkas dan instruksi yang ada di kemasan gasket kulkas.

- Rendam gasket yang baru di dalam air yang hangat sebelum digunakan agar lebih lunak dan mudah saat dipasang.

- Selalu pakai langkah pencegahan saat menangani perangkat listrik. Pastikan kamu gunakan perlengkapan keamanan yang benar. Namun bila kamu ragu, kamu bisa panggil jasa yang profesional.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mengganti segel pintu merek kulkas terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: