Cara Mengisi Freon Merek Kulkas Terbaik Yang Aman Dan Mudah Diterapkan

Cara Mengisi Freon Merek Kulkas Terbaik Yang Aman Dan Mudah Diterapkan

Cara Mengisi Freon Merek Kulkas terbaik Yang Aman Dan Mudah Dipahami-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kamu perlu mengikuti cara pengisian freon merek kulkas terbaik yang aman jika ingin mengisi freon kulkas sendiri tanpa bantuan dari teknisi. Dengan melakukan pengisian freon sendiri, tentu kamu dapat menghemat biaya karena tidak harus meminta bantuan jasa teknisi.

Tetapi kamu harus siapkan beberapa peralatan dan membutuhkan keahlian yang khusus, seperti pengelasan OAW untuk bisa melakukan cara mengisi freon merek kulkas terbaik sendiri.

Maka dari itu, jika kamu tidak mempunyai kemampuan teknis, seperti mengelas, sebaiknya kamu minta bantuan jasa teknisi ahli. Bagi kamu yang punya kemampuan teknis, tetapi belum tahu cara isi freon merek kulkas terbaik, simak cara berikut ini.

Pada umumnya, merek kulkas terbaik yang didistribusikan ke Indonesia tidak dapat diisi ulang freon-nya. Tetapi ada beberapa cara untuk mengatasi hal itu Berikut beberapa cara mengisi freon kulkas yang bisa kamu ikut :

BACA JUGA : Apakah Boleh Langsung Menaruh Makanan Panas Ke Dalam Merek Kulkas Terbaik

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang harus kamu siapkan untuk mengisi freon kulkas yaitu Freon, Tang, Vacuum machine, Manifold gauge, Kit Las OAW, Katup akses, Metil, Welding shield, dan Sarung tangan las.

Untuk freonnya, pastikan pilih jenis freon sesuai dengan kulkas kamu. Lihat labelnya yang terdapat di kompresor kulkas untuk melihat jenis freon yang akan kamu gunakan untuk kulkas tersebut.

2. Pasang Katup Akses pada Kulkas

Kamu perlu pasang katup akses dulu untuk bisa mengisi freonnya. Berikut cara memasangnya :

- Potong pipa freon yang letaknya dekat dengan kompresor.

- Tutup bagian kulkas menggunakan keramik atau benda lainnya agar terlindung suhu panas dari las.

- Tarik karet di dalam katup akses, lalu sesuaikan posisi katup akses dan pipa freon.

- Jika posisinya sudah sesuai, pegang katup menggunakan tang, lalu dilas.

Pastikan kamu gunakan alat pelindung diri yaitu welding shield dan sarung tangan las yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan juga tidak terdapat bahan yang gampang terbakar di sekitar tempat kamu mengelas agar terhindari dari potensi kebakaran.

3. Cek Hasil Pengelasan

Cara mengeceknya kamu bisa gunakan manifold gauge lalu sambungkan ke katup akses. Cek tekanan pada sistem perpipaan tersebut, jikatekanannya nol, maka tanda ada terjadi sebuah kebocoran pada pipa tersebut.

Sebagai tindakan selanjutnya, kamu dapat mengelas lagi katup aksesnya. Tetapi jika tekanan tersebut menunjukkan ke angka nol, maka kemungkinan terdapat kebocoran pada pipa di bagian yang lainnya.

Apabila yang bocor bukan di area yang dilas, maka kamu harus leakukan pengecekan secara menyeluruh pada jaringan perpipaan pada kulkas tersebut.

Jika dibiarkan begitu saja, kebocoran tersebut bisa membuat freon yang sudah diisi lebih cepat habis sehingga kulkas jadi tidak dingin.

BACA JUGA : Berapa Suhu Normal Merek Kulkas Terbaik, Berikut Cara Mengaturnya

4. Bersihkan Jaringan Pipa Kulkas

Setelah dipastikan tidak ada kebocoran, maka kamu dapat melanjutkan ke cara isi freon merek kulkas terbaik berikut, yaitu dengan membersihkan jaringan pipa kulkas.

Kamu dapat memakai metil yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk membersihkannya. Metil dapat mengikat air yang terdapat di dalam pipa sehingga saat di vacuum, air tersebut bisa ikut keluar secara mudah.

Jika metil sudah dimasukkan ke jaringan pipa melalui katup akses, hidupkan kompresornya sehingga cairan tersebut bisa tersebar ke semua jaringan pada pipa.

Kemudian, sambungkan selang dari vacuum machine pada katup akses dan hidupkan mesin tersebut. Tetapi hal tersebut tidak disarankan karena bisa berpotensi menyebabkan jaringan pipa pada kulkas tersumbat.

5. Lakukan Pengisian Freon

Berikut cara mengisi freon merek kulkas terbaik melalui katup akses :

- Sambung manifold gauge ke katup akses dan tabung freon.

- Nyalakan kompresor kulkas, tunggu beberapa saat.

- Buka  katup yang terdapat di manifold gauge secara perlahan sambil terus perhatikan jarum penunjuk tekanan.

- Jika jarum penunjuk tersebut hampir atau telah menunjukkan pada angka 10, maka tutuplah katup tersebut pada manifold gauge.

Itulah beberapa cara yang aman dan mudah dipahami yang bisa kamu lakukan untuk mengisi freon merek kulkas terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: