4 Ciri Timer Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

4 Ciri Timer Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

Ciri-ciri timer kulkas rusak-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Timer yang terdapat pada merek kulkas terbaik yaitu sebuah komponen kulkas yang bertugas sebagai pengatur waktu. Komponen ini pada dasarnya terdiri dari switch yang pergerakannya akan diatur berdasarkan dengan waktu tertentu.

Timer bayak ditemukan di berbagai macam peralatan elektronik, seperti mesin cuci, microwave atau oven, mesin AC dan merek kulkas terbaik. Timer memiliki fungsi dasar yang sama pada seluruh alat elektronik tersebut, yaitu untuk menyambung atau memutus aliran arus listrik berdasarkan waktu tertentu.

Dalam merek kulkas terbaik, timer pada umumnya dijumpai di model kulkas 2 pintu. Fungsi dari timer di kulkas yaitu untuk mengatur proses defrost dan pendinginan kapan akan bekerja. Sehingga bisa menghasilkan pendinginan yang terjaga dan terbebas dari timbulnya bunga es yang bisa mengganggu.

Keberadaan timer pada merek kulkas terbaik biasanya ada di bagian belakang kulkas bersamaan dengan posisi mesin kompressor. Timer kulkas mempunyai box atau wadah sebagai pelindung untuk menjaga timer dari terjadinya benturan atau penyebab kerusakan yang lainnya.

Apabila timer merek kulkas terbaik tidak bekerja atau mengalami kerusakan, maka akan timbul beberapa masalah. Misal kulkas tidak dapat beroperasi atau bunga es akan muncul dalam ruangan pendingin kulkas.

BACA JUGA : Cara Tepat Menyimpan Daging Sapi Dalam Merek Kulkas Terbaik

Berikut ciri ciri timer kulkas sudah rusak :

1. Kulkas tidak bisa hidup

Kondisi timer pada kulkas terhubung langsung pada sumber arus listrik yang terdapat di rumah. Jika kondisi switch yang terdapat di dalam timer terjadi kerusakan, maka akan membuat aliran listrik tidak bisa tersambung pada mesin kulkas.

Sehingga akan mengakibatkan kulkas jadi tidak bisa beroperasi seharusnya. Meski kita sudah menghubungkan colokan kulkas pada sumber listrik tetapi tidak akan bisa terjadi proses pendinginan.

Kamu bisa memeriksa dengan menggunakan Ampere meter untuk mengetahui kulkas kamu apakah bekerja atau tidak. Pada keadaan dimana timer kulkas sudah rusak, maka ampere meter tidak akan bisa terukur sama sekali daya ataupun arusnya.

2. Kulkas tidak dingin

Jika kamu telah menghubungkan kulkas ke sumber listrik dalam waktu beberapa jam tetapi merek kulkas terbaikmu tidak dingin, bisa jadi hal itu disebabkan karena terdapat kerusakan yang terjadi pada timer kulkas kamu. Karena pada umumnya switch di dalam timer tidak berfungsi secara normal.

Switch yang bertugas menghubungkan aliran listrik ke kompressor mungkin tidak berfungsi, sehingga membuat kompressor tidak memperoleh pasokan aliran listrik, sehingga menyebabkan tidak terjadi sebuah proses pendinginan.

BACA JUGA : Tips Mudah Menata Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer

3. Muncul bunga es

Bunga es yang muncul dalam ruangan pendingin di kulkas  pada umumnya dikarenakan kondisi suhunya yang sangat dingin. Sehingga membuat kandungan air yang ada di udara membeku dan menempel pada beberapa bagian di dalam kulkas.

Oleh sebab itu, dibutuhkan defrost yang fungsinya untuk mencegah munculnya bunga es tersebut. Kinerja dari defrost tersebut akan dikendalikan timer kulkas, sama halnya dengan kinerja pada kompressor.

Apabila switch timer yang menghubungkan listrik dengan defrost mengalami kerusakan, maka mekanisme kerja dari defrost akan terganggu bahkan tidak bisa bekerja dan mengakibatkan bunga es terbentuk dalam merek kulkas terbaik tanpa terkendali.

4. Kompressor terus menyala

Kinerja kompressor ini dikendalikan timer kulkas. Timer kulkas akan mengatur waktu kompressor kapan beroperasi dan kapan harus berhenti. Caranya yaitu menyambung atau memutus aliran listrik yang mengarah ke kompressor.

Jika timer kulkas mengalami kerusakan, maka kemungkinan akan membuat kompressor jadi terus menerus bekerja. Sehingga suhu dalam ruangan pendingin bisa jadi sangat dingin sekali dan menimbulkan bunga es yang cukup tebal.

Itulah beberapa ciri-ciri timer pada merek kulkas terbaik yang rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: