Merek Kulkas Terbaik Dinyalakan Lama Tapi Tidak Dingin, Simak Penyebab Dan Solusinya

Merek Kulkas Terbaik Dinyalakan Lama Tapi Tidak Dingin, Simak Penyebab Dan Solusinya

Cara memperbaiki kulkas tidak dingin-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik sendiri menjadi barang elektronik yang bisa dibilang barang yang penting dan wajib ada di rumah. Karena biasa kulkas digunakan oleh para ibu rumah tangga untuk menyimpan bahan makanan supaya awet dan terlihat segar seperti pada sayuran dan buah agar tidak cepat membusuk.

Seiring berjalannya merek kulkas terbaik digunakan, pasti akan terjadi sebuah masalah, misalnya saja kulkas sudah lama dihidupkan tapi tida dingin, hal itu tentu akan sangat mengganggu bagi kebutuhan kehidupan kita sehari-hari.

Kerusakan merek kulkas terbaik yang dinyalakan lama tetapi tidak dingin ini hanya sepele namun hal ini jika dibiarkan secara terus menerus akan berakibat fatal, bahan akan membuat makanan dan minuman di dalamnya tidak dingin dan cepat membusuk.

Terdapat beberapa penyebab dan cara yang dilakukan untuk memperbaiki kerusakan pada merek kulkas terbaik yang tidak kunjung dingin setelah kulkas dinyalakan lama.

BACA JUGA : Suhu Sempurna Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik Untuk Menjaga Makanan Tetap Segar

Penyebab kulkas tidak dingin setelah lama dinyalakan :

- Terdapat kerusakan pada bagian pengaturan suhu yang berada di dalam kulkas di samping freezer

- Bisa jadi ada kebocoran pipa freon kulkas, bisa kebocoran pada bagian freezer ataupun pada bagian pipa freon dekat dengan kompresor

- Sering menaruh makanan atau minuman yang panas ke kulkas

- Keurangan cairan pendingin (freon) pada kulkas

- Pintu kulkas sering tidak tertutup rapat

Cara memperbaiki kulkas tidak dingin saat sudah dinyalakan lama :

1. Cek pintu kulkas

Cara mengeceknya yaitu tutup pintu kulkas, kemudian amati kondisi pintu kulkas apakah tertutup atau ada ruang yang tidak tertutup dengan sempurna. Jika pintu kulkas sudah bisa ditutup tapi tidak rapat berarti pintu kulkas tersebut sudah bermasalah.

BACA JUGA : Andal dan Optimal Menjaga Makanan, Simak 5 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Toshiba

Cara memperbaikinya yaitu periksa engsel pintu dan karet lis pintu kulkas. Jika kulkas tidak dingin meski sudah dinyalakan dalam waktu lama, bisa jadi kerusakan tersebut ada di komponen pengatur suhu pada kulkas.

Karena cara kerja pengatur suhu kulkas merupakan mengontrol suhu dingin dalam kulkas sesuai setelan yang diseting. Jadi apabila pengatur suhu kulkas diputar hingga full tapi tidak terdapat perubahan suhu dingin, mungkin kerusakan tersebut memang asalnya dari pengetur suhu kulkas yang telah rusak.

Penyebabnya pengatur suhu kulkas rusak, bisa karena faktor umur penggunaan kulkas, faktor pengatur suhu yang sering disetel atau diputar-putar, dan faktor komponen kualitasnya yang memang kurang baik.

2. Cek kebocoran pipa freon kulkas

Biasanya yang sering terjadi kerusakan kulkas jadi tidak dingin yaitu pada jalur pipa evaporator kulkas yang merupakan bak pendingin freezer kulkas. Kebanyakan kasusnya karena evaporator terkena congkelan benda yang tajam seperti sendok garpu atau pisau ketika hendak mengambil es batu.

Terdapat 2 cara untuk memperbaikinya yaitu cara pertama ganti evaporator kulkas yang baru tetapi harganya sedikit mahal. Cara kedua yaitu tambal evaporator yang bocor tersebut dengan pakan las khusus untuk pipa evaporator kulkas atau bisa juga dengan lem khusus evaporator kulkas.

BACA JUGA : Cara Mengisi Freon Merek Kulkas Terbaik Yang Aman Dan Mudah Diterapkan

3. Cek tekanan freon kulkas

Periksa tekanan freon kulkas pakai alat manifold untuk tahu besarnya tekanan freon kulkas yang terdapat di dalam kulkas, periksa juga ukuran ampere kompresor kulkas pakai ampere meter.

Apabila memang tekanan freon berkurang dari batas normal kulkas maka langsung isi saja freon kulkas sesuai dengan tekanan freon dan ampere yang disarankan dalam batas yang aman kompresor kulkas tersebut. Biasanya ada di name plate stiker di belakang kulkas dekat kompresor kulkas.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki merek kulkas terbaik yang sudah lama nyala tapi tidak dingin-dingin. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: