Simak Cara Memperbaiki Merek AC Terbaik Tidak Dingin, Bisa Dilakukan Sendiri

Simak Cara Memperbaiki Merek AC Terbaik Tidak Dingin, Bisa Dilakukan Sendiri

Simak Cara Memperbaiki Merk AC Terbaik yang Tidak Dingin--iStockphoto

Setelah bagian luar sudah bersih, kamu bisa lanjut membersihkan bagian dalam menggunakan air dan memberi sedikit tekanan pada saat penyiraman untuk mengangkat debu yang menempel.

3. Periksa Kapasitor dan Kompresor

Penyebab dari merek AC terbaik yang tidak dingin bisa berasal dari kapasitor dan kompresor yang mungkin terjadi kerusakan.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa memeriksa terlebih dahulu bagian kapasitor apakah bentuknya tidak normal atau ada kebocoran.

Jika memang tidak ada gejala yang bisa dilihat, mungkin kamu bisa memanggil teknisi profesional untuk memeriksanya dengan menggunakan multimeter digital.

Apabila kapasitor dan kompresor juga tidak mau hidup, kemungkinan kompresor perlu untuk diganti.

BACA JUGA : Pertimbangan Penting Sebelum Beli Merek AC Terbaik Split, Ini 3 Rekomendasi Terbaiknya

4. Bersihkan Filter

Penyebab utama AC tidak dingin atau kurang dingin umumnya yaitu berasal dari filter AC yang sudah kotor lalu tidak dibersihkan.

Kondisi kotor inilah yang bisa menimbulkan masalah pada pengaturan suhu yang benar. Kotoran dan debu yang terdapat pada filter AC bisa membuat aliran udara terhambat.

Kamu bisa melakukan pembersihan sendiri dengan melepas filter AC kemudian bersihkan dengan kain basah atau bisa juga dengan penyedot debu.

Namun harus tetap untuk memastikannya bersih. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan selang taman lalu menyemprotnya dan diamkan selama sekitar 30 menit hingga 1 jam sampai sudah benar-benar kering.

5. Periksa Saluran Freon

Dari beberapa penyebab merek AC terbaik tidak dingin, salah satunya juga bisa disebabkan dari saluran freon. 

Jika pendingin ruangan setelah dibersihkan menjadi tidak dingin, maka kamu bisa segera periksa saluran freon. Cek apakah sudah hampir habis atau ada kebocoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: