Jangan Panik, Kenali Penyebab dan Solusi Kulkas Terbaik Anda Mengeluarkan Suara Bising

Jangan Panik, Kenali Penyebab dan Solusi Kulkas Terbaik Anda Mengeluarkan Suara Bising

ilustrasi wanita dengan kulkas bisingnya--Popmama

DISWAY JOGJA - Dengan mempunyai kulkas terbaik di rumah, pasti setiap kebutuhan akan selalu dimudahkan. Misalnya, makanan akan lebih segar dan tahan lama.

Namu terkadang ada saja kendala pada kulkas terbaik yang kita punya, contohnya timbul suara bising yang bisa mengganggu kenyamanan.

Dengan Anda memahami penyebab dan cara mengatasi suara bising pada kulkas terbaik, tetunya bisa membantu menjaga kinerjanya tetap optimal dan tentunya kenyamanan rumah Anda, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik Thermador, Teknologi Canggih untuk Dapur Impian Anda

Penyebab Kulkas Terbaik Anda Mengeluarkan Suara Bising

1. Kotornya Kipas Kondensor

Pada kulkas, terdapat kipas kondensor yang berfungsi mendinginkan kondensor dan kompresor kulkas.

Jika kipas ini kotor atau terhalang debu dan kotoran, maka kipas harus bekerja lebih keras. Sehingga yang timbul pada kulkas terbaik Anda ialah suara bising yang bisa mengganggu.

2. Ada Masalah Pada Kompresor

Kompresor merupakan bagian utama yang menggerakkan sirkulasi refrigerant dalam kulkas. Jika kompresor mengalami masalah, misalnya aus atau tidak berfungsi dengan baik, hal ini bisa menimbulkan suara kebisingan pada kulkas.

3. Salah Penempatan Kulkas

Jika Anda mempunyai kulkas terbaik namun salah menempatkannya, maka bisa terjadi getaran berlebihan dan kebisingan. Hal ini pada umunya terjadi pada kulkas dengan tata letak yang kurang benar.

4. Defrost Timer

Pada beberapa kulkas, defrost timer yang sudah aus bisa menjadi penyebab kebisingan. Defrost timer bisa mengontrol siklus pencairan es dan bisa membuat suara klik yang berlebihan.

5. Longgarnya Bagian Dalam Kulkas Terbaik Anda

Jika rak atau komponen dalam kulkas longgar, maka bisa bergerak dan menghasilkan suara berisik saat kulkas beroperasi.

BACA JUGA : Berikut Merek Kulkas Terbaik LG SIGNATURE: Perpaduan Inovasi, Desain dan Kemewahan

Jika Kulkas Terbaik Anda Bising, Begini Cara Mengatasinya

1. Bersihkanlah Kipas Kondensor

Bersihkan kipas kondensor kulkas Anda secara rutin dengan menggunakan sikat atau vaccum cleaner agar debu dan kotoran hilang. Pastikan kulkas dalam keadaan mati ketika Anda membersihkan kipas.

2. Periksalah Kompresor

Jika kulkas terbaik Anda ditemukan kendala, misalnya suara bising dari kompresor, mungkin Anda perlu memanggil teknisi profesional untuk bisa memeriksanya. Jika kompresor bermasalah, mungkin Anda bisa menggantinya.

3. Mengatur Dengan Baik Tata Letak Kulkas

Mengatur posisi kulkas berkualitas Anda merupakan hal penting. Pastikan kulkas ditempatkan di permukaan yang rata. Mungkin Anda bisa menggunakan level untuk memeriksa keseimbangan kulkas dan mengatur kakinya sesuai dengan kebutuhan.

4. Memperbaiki Bagian Dalam Kulkas

Pastikan semua rak dan komponen dalam kulkas tercanggih Anda terpasang dengan baik dan tidak longgar. Jika ada bagian yang longgar, kencangkan atau ganti sesuai kebutuhan. Sehingga memungkinkan tidak adanya suara bising yang timbul dari kulkas, sehingga Anda akan merasa lebih nyaman.

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Aqua 4 Pintu

5. Mengganti Defrost Timer

Jika defrost timer adalah penyebab kebisingan, Anda mungkin perlu menggantinya. Ini bisa dilakukan sendiri jika Anda memiliki pengetahuan teknis, tetapi lebih baik meminta bantuan teknisi profesional. Dengan hal ini kendala kebisingan bisa diatasi, sehingga Anda akan merasa tenang dan nyaman.

Nah, jika Anda mempunyai kulkas unggulan namun kulkas ditemukan kendala suara bising dapat menjadi tanda adanya masalah yang perlu segera diatasi.

Dari kipas kondensor yang kotor hingga kompresor yang bermasalah, memahami penyebab dan cara mengatasinya dapat membantu menjaga kinerja kulkas dan kenyamanan rumah Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi atau mengatasi masalah, selalu disarankan untuk memanggil teknisi profesional untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat untuk kinerja kulkas terbaik Anda lebih optimal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: