8 Langkah Praktis Membersihkan AC Terbaik Untuk Kinerja Lebih Optimal

8 Langkah Praktis Membersihkan AC Terbaik Untuk Kinerja Lebih Optimal

Ilustrasi pembersihan AC--AQUA

DISWAY JOGJA - AC (air conditioner) adalah alat penting yang berfungsi sebagai pendingin dan penyejuk ruangan, apalagi Indonesia dengan iklim tropis yang mempunyai dua cuaca. Namun terkadang seiring berjalannya waktu kinerja AC terbaik kurang optimal.

Hal ini tentunya perlu diperhatikan, pasalnya sangat berpengaruh pada suhu dingin yang dihasilkan. Diantara cara untuk tetap menjaga AC terbaik bekerja secara optimal, maka diperlukan langkah-langkah merawat AC dengan membersihkannya. Berikut ulasan lengkap mengenai hal itu.

BACA JUGA : 7 Merek AC Terbaik di Indonesia, Cocok untuk Musim Kemarau

1. Matikan AC dan Cabut Aliran Listrik

Sebelum sobat membersihkan AC terbaik yang ada, pastikan untuk terlebih dahulu mematikan dan mencabut aliran listriknya, hal ini penting dilakukan untuk menjaga risiko tersengat listrik.

2. Bersihkan Bagian Luar AC

Setelah melakukan tahap pertama, sobat bisa melanjutkan dengan membersihkan bagian luar AC. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kain lembut yang telah dibasahi, lalu bersihkan AC terbaik dengan menggunakan kain tersebut.

Selain itu, hal penting yang perlu diperhatikan dalam membersihkan AC, ialah hindari dengan menggunakan bahan kimia keras, hal ini bisa merusak lapisan luar perangkat.

3. Bersihkan Filter Udara

Filter udara merupakan bagian penting dalam AC. Pasalnya filter udara berfungsi sebagai penyaring debu dan partikel kotoran udara yang masuk ke dalam AC.

Dengan sobat membersihkan filter udara yang ada, maka kinerja AC terbaik pasti akan lebih optimal. Berikut langkah-langkahnya:

BACA JUGA : Simak 5 Keunggulan Merek AC Terbaik Floor Standing Haier, Ada Apa Saja

a. Lepaskan filter udara: Buka penutup depan AC, lalu  lepaskan filter udara dengan hati-hati.

b. Bersihkan dengan air: Cuci filter dengan menggunakan air bersih, lalu sobat bisa menggunakan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran yang membandel.

c. Keringkan filter: Setelah dicuci, keringkan filter dengan cara diangin-anginkan. Pastikan filter benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

4. Bersihkan Evaporator Coil

Evaporator coil merupakan komponen penting dalam AC yang berfungsi sebagai fitur yang membantu pendinginan udara pada AC terbaik.

Sedangkan jika ada kotoran yang menempel pada coil tentunya akan mengurangi kinerja AC, berikut langkah-langkah membersihkannya:

a. Gunakan sikat lembut: sobat bisa menggunakan sikat lembut untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel padanya.

b. Gunakan semprotan air: semprotkan air dengan perlahan untuk bisa membersihkan sisa kotoran. Namun, pastikan tidak air yang menggenang di dalam unit.

BACA JUGA : Simak 5 Keunggulan Merek AC Terbaik Floor Standing Haier, Ada Apa Saja

5. Bersihkan Kondensor

Kondensor merupakan bagian luar dari AC, untuk membersihkan kondensor pada AC berkualitas, sobat bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

a. Hilangkan debu dan kotoran:  Gunakan kain atau sikat untuk menghilangkan debu dan kotoran dari permukaan kondensor.

b. Gunakan semprotan air: Semprotkan air untuk membersihkan kisi-kisi kondensor. Hindari penggunaan tekanan air yang terlalu tinggi untuk mencegah kerusakan pada AC anda.

6. Periksa dan Bersihkan Saluran Pembuangan Air

Saluran pembuangan air pada AC merupakan hal penting yang harus diperhatikan, hal ini tidak lain agar kinerja AC milikmu bisa tetap optimal. Sobat bisa membersihkan saluran pembuangan air dengan sikat atau kawat.

7. Pasang Kembali Semua Komponen

Setelah semua komponen AC terbaik dibersihkan dan kering, maka pasang kembali filter udara dan tutup bagian depan AC. Pastikan semua bagian terpasang dengan benar dan aman.

8. Nyalakan Kembali AC

Setelah semua terpasang, nyalakan kembali aliran listrik dan nyalakan AC. Periksalah AC andalan apakah bisa berfungsi dengan benar tanpa ada gangguan lain.

Membersihkan AC secara rutin bukan hanya memastikan udara yang lebih sehat di dalam rumah, tetapi juga membantu AC unggulan bekerja lebih efisien dan mengurangi konsumsi energi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, sobat dapat menjaga AC terbaik tetap dalam kondisi prima untuk jangka waktu yang lebih lama. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: