Satu Jamaah Haji Asal Brebes Meninggal, Sempat Pingsan dan Sesak Nafas

Satu Jamaah Haji Asal Brebes Meninggal, Sempat Pingsan dan Sesak Nafas

TAKZIYAH - Kepala Kemenag Brebes beserta rombongan takziyah ke rumah duka jamaah haji asal Songgom yang meninggal di Makkah.-SYAMSUL FALAQ/ RATEG -

BREBES, DISWAYJOGJA Kabar duka datang dari rombongan jamaah haji asal Kabupaten Brebes. Yakni, Kasmui Takim Surijan, 64. Dia dikabarkan wafat setelah mengalami sesak nafas dan pingsan, Selasa, 28 Mei 2024 waktu Arab Saudi.

Bahkan, meski sudah mendapatkan pertolongan di Rumah Sakit Al Noor jamaah haji Kloter 26 SOC asal Kalenpandan RT 02/02 Kecamatan Songgom nyawanya tak tertolong.

Pendamping Haji Daerah (PHD) Kabupaten Brebes Sumarno menyampaikan, kejadian bermula pada Senin, 27 Mei 2024 pukul 15.00, Waktu Arab Saudi (WAS), almarhum mengalami demam dengan tekanan darah dan keadaan umum yang baik. Kemudian diberi terapi obat Paracetamol, Amoksilin, dan Ranitidin.

BACA JUGA:Calon Jamaah Haji DIY 2024 Tertua Berusia 95 Tahun, Termuda 18 Tahun

Almarhum tidak memiliki riwayat hipertensi (HT) maupun diabetes mellitus (DM),ungkapnya yang sekaligus Kepala Bagian Kesra Setda Pemkab Brebes saat dikonfirmasi, Rabu, 29 Mei 2024.

Hingga Selasa, 28 Mei 2024 dinihari, lanjut Sumarno, almarhum masih dalam kondisi demam, lemas, dan batuk di Makkah. Bahkan, sekitar pukul 05.00 WAS almarhum tampak gelisah, sesak, dan batuk dengan penurunan kesadaran. Sehingga, diberi oralit dan infus sebelum dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Kemudian, setibanya di KKHI almarhum mulai mengalami penurunan kesadaran dan sesak napas.

"Setelah dirujuk ke RS Al Noor, ditangani langsung IGD hingga dirawat almarhum tak tertolong dan sinyakan meninggal pukul 21.20 WAS," ujarnya.

Sumarno menambahkan, selama proses perawatan, almarhum didampingi Kloter 26 SOC yang diwakili oleh Arif Rahman Hakim, dan ditangani oleh tim medis terdiri dari Dokter Kloter Dilla Alfinda Risdiana, serta perawat Yuni dan Edi. Pembimbing Ibadah, Alipah, juga turut mendampingi.

BACA JUGA:Lantik PPIH Embarkasi Solo, Sekda Jateng Minta Petugas Berikan Pelayanan Terbaik ke Jamaah Haji

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes Abdul Wahab, didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh dan Garazawa, melakukan takziyah ke rumah duka almarhum Kasmui Takim Surijan. Bahkan, tim rombongan takziyah menyambangi rumah almarhum di Dukuh Kalenpandan Desa Jatimakmur, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes.

"Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah almarhum dan mengampuni segala kesalahannya," tandasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: