Tutorial Pasang Merek AC Terbaik Untuk Pemula, Hemat Budget Tanpa Panggil Teknisi

Tutorial Pasang Merek AC Terbaik Untuk Pemula, Hemat Budget Tanpa Panggil Teknisi

Tutorial Pasang merek Ac Terbaik Untuk Pemula--

Agar AC bisa bekerja maksimal, bisa pasangkan pada plafond, dinding, dengan jarak tertentu. Idealnya, jarak minimal indoor dengan plafon berkisar 15 centimeter. Lalu, jarak ideal ac indoor dengan lantai idealnya berkisar 2.5 meter.

BACA JUGA : Panduan Sederhana Perawatan Merek AC Terbaik Yang Tepat

Pasang bracket AC 

Pemasangan braket indoor AC bisa terasa mudah dengan bantuan fisher dan sekrup yang dipersiapkan sebelumnya. Pemasangan bracket AC harus benar dan rata, tujuannya agar tidak terjadi kondensasi yang merugikan. Sebisa mungkin sejajar, dan masukan fisher ke lubang dengan bantuan skrup utnuk mengencangkan. 

Buat lubang pipa indoor

Dibuatnya lubang sebagai penghubung pipa tembaga, kabel listrik, dan pipa pembuangan air AC. Biasanya ada di samping ac, dan perlu adanya bor kollow dalam pembuatan lubang. Sebisa mungkin buat lubang sedikit miring agar pembuangan keluar dengan sempurna.

Pemasangan unit indoor

Sebelumnya bisa pasangkan semua kabel yang ada dan disatukan ke pipa tembaga, pipa pembuangan, dan di lapisi duct tape. Pastikan membungkusnya dengan benar, dan memasangkan unit indoor pada bracket yang sudah ada.

Pemasangan kabel power indoor

Pada terminal AC tediri dari power dan kabel balikan. Caranya buka penutup terminal di unit indoor. Dan sambungkan terminal 1 sama 2 ke unit outdoor dengan kabel balikan. Jangan lupa untuk memberikan pengaman MBC dari sumber kabel input power ac.

Pemasangan unit outdoor AC 

Perlu pemasangan yang benar dengan posisi yang benar agar pembuangan panas dari outdooe bisa lancar. Demi menjaga keawetan AC outdoor AC, pemasangan ini butuh 2 bracket outdoor dengan dinambol. Sebisa mungkin pakai waterpass agar posisi sejajar dan kencangkan dengan benar.

Pemasangan tembaga AC 

Pemasangan tembaga AC ini perlu memperhatikan ukuran sesuai AC masing masing yang dibeli. Menyesuaikan dengan kebutuhan AC, dan masukkan flare nut. Lakukan flaring pipa dengan mengunakan flaring tool. Pasang perlahan semuanya dengan benar dan kencang agar bekerja normal.

Pemasangan kabel balikan ke outdoor 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: