Warga dan Pihak Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal Lakukan Aksi Peduli Lingkungan

Warga dan Pihak Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal Lakukan Aksi Peduli Lingkungan

AKSI PEDULI LINGKUNGAN – Camat Tegal Barat Edy Sudirman didampingi Sekretaris Kecamatan Tegal Barat Ahmad Zamroni dan Sekretaris Kelurahan Kraton Indar Lesmana mengecek saluran yang telah dibersihkan Jumat, 7 Juni 2024.-K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL -

TEGAL, DISWAYJOGJA  - Menindaklanjuti imbauan Sekretaris Daerah Kota Tegal Agus Dwi Sulistyantono, Kecamatan Tegal Barat mengambil langkah cepat melakukan aksi peduli lingkungan dengan meggerakkan kerja bakti bersama warga di Gang 7 dan Gang 9 Jalan Asem Tiga yang termasuk wilayah Kelurahan Kraton dan Kelurahan Tegalsari, Jumat, 7 Juni 2024.

Wilayah tersebut merupakan daerah yang kerap tergenang banjir saat diguyur hujan. Kecamatan Tegal Barat menerjunkan petugas kebersihan untuk membantu membersihkan saluran.

BACA JUGA:Camat Tegal Barat dan Lurah Pekauman Tinjau Perbaikan Saluran Program TMMD 2024

“Aksi ini sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup. Kami bersama warga melakukan aksi peduli lingkungan. Semoga persoalan banjir bisa teratasi,” kata Camat Tegal Barat Edy Sudirman.

Dalam aksi peduli lingkungan tersebut hadir Sekretaris Kecamatan Tegal Barat Ahmad Zamroni, Sekretaris Kelurahan Kraton Indar Lesmana, Lurah Tegalsari Akhmad Faozi, Staf Bidang PSDA DPUPR Kota Tegal Akhmad, tokoh masyarakat yang juga pensiunan pejabat Pemerintah Kota Tegal Supriyanta, tokoh masyarakat yang juga Anggota DPRD Kota Tegal Sugiyono, pengurus RT, dan warga setempat.

Edy mengatakan, tidak hanya itu, Kecamatan Tegal Barat juga melakukan aksi peduli lingkungan dengan menindaklanjuti adanya tempat pembuangan sampah liar di Jalan Sipelem. “Kami membersihkan selama satu hari. Pada hari kedua, memasang spanduk imbauan larangan membuang sampah di tempat tersebut,” ungkap Edy.

Tokoh masyarakat yang juga pensiunan pejabat Pemerintah Kota Tegal Supriyanta mengungkapkan, Gang 7 dan Gang 9 Jalan Asem Tiga yang termasuk wilayah Kelurahan Kraton dan Kelurahan Tegalsari merupakan wilayah yang datarannya rendah. Sehingga, kerap dilanda banjir di setiap diguyur hujan. “Jika hujan banjir sampai setengah meter,” ungkap Supriyanta.

Menurut tokoh masyarakat yang di akhir karirnya menjabat Badan Keuangan Daerah tersebut menyampaikan, selain berada di dataran rendah, penyebab banjir lainnya adalah karena saluran di wilayah tersebut tidak lancar. Supriyanta berharap seluruh warga bertanggung jawab di wilayah masing-masing dan Pemerintah Daerah bisa melakukan pemeliharaan saluran.

“Kerja bakti kecamatan dan kelurahan ini sangat bagus. Di samping membuat lingkungan bersih juga mendorong dan memotivasi masyarakat,” imbuh Supriyanta.

BACA JUGA:Rumah Industri Pembuatan Petasan di Tegal Barat Digerebek Polisi

Tokoh masyarakat yang juga Anggota DPRD Kota Tegal Sugiyono mengapresiasi tenaga kebersihan yang diterjunkan Kecamatan Tegal Barat. Terkait persoalan banjir di Kelurahan Kraton dan sekitarnya, Sugiyono mengimbau masyarakat melakukan kerja bakti secara rutin setiap bulan. “Saya juga berharap dinas terkait segera melakukan penanganan,” ucap Sugiyono.

Staf Bidang PSDA DPUPR Akhmad bersama camat, Supriyanta, dan Sugiyono sempat melakukan pengecekan. Berdasarkan pengamatan di lokasi, terdapat saluran yang tertutup lingkungan warga. Untuk itu, DPUPR siap turun tangan. “Dalam waktu dekat, DPUPR akan menurunkan tenaga pengerukan untuk membersihkan saluran tersebut,” ujar Akhmad. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: