Camat Tegal Barat dan Lurah Pekauman Tinjau Perbaikan Saluran Program TMMD 2024

Camat Tegal Barat dan Lurah Pekauman Tinjau Perbaikan Saluran Program TMMD 2024

TINJAUAN - Camat Tegal Barat Edy Sudirman bersama Sekcam Ahmad Zamroni dan Lurah Pekauman Rudi Pratikno meninjau perbaikan saluran Program TMMD di wilayah Kelurahan Pekauman, Selasa, 14 Mei.-K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL -

 

TEGAL, DISWAYJOGJA - Camat Tegal Barat Edy Sudirman bersama Sekretaris Kecamatan Tegal Barat Ahmad Zamroni dan Lurah Pekauman Rudi Pratikno meninjau perbaikan saluran Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2024 Wilayah Kodim 0712/Tegal. Kegiatan itu dilaksanakan di wilayah Kelurahan Pekauman, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Selasa, 14 Mei.

 

Dalam tinjauan tersebut hadir mendampingi Babinsa Kelurahan Pekauman Kopda Akhmad Ramedhon dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Pekauman Aiptu Slamet. Perbaikan saluran Program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2024 tepatnya dilangsungkan di Jalan Merpati, RT 04, RT 05, dan RT 06 di RW 04, Kelurahan Pekauman.

BACA JUGA:Berkontribusi Sejahterakan Masyarakat Desa, Pj Gubernur Jateng Apresiasi Program TMMD

 

Perbaikan saluran meliputi pekerjaan pemasangan saluran u-ditch dan cover dengan ukuran panjang per u-ditch 1,20 meter, lebar 0,50 meter, tinggi 0,60 meter, sepanjang volume 141,6 meter. Selain sasaran berupa kegiatan fisik tersebut, Program TMMD Sengkuyung Tahap II juga menyasar kegiatan non fisik yaitu penyuluhan kepada masyarakat.

 

Anggaran yang digelontorkan untuk Program TMMD Tahun 2024 Rp412.003.000 yang berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp210.000.000 dan APBD Kota Tegal Rp202.003.000. Pelaksanaan Program TMMD diawali Pra TMMD yang diadakan 25 April sampai 4 Mei 2024, sedangkan waktu pelaksanaannya mulai 8 Mei hingga 6 Juni 2024.

 

Adapun kegiatan non fisik yang akan dilaksanakan adalah seperti penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan protokol kesehatan, penyuluhan bahaya stunting, penyuluhan kenakalan remaja dan narkoba, serta penyuluhan keluarga berencana, kesehatan, dan posyandu, yang rencanannya akan diikuti puluhan warga.

 

Camat Tegal Barat Edy Sudirman mengucapkan terima kasih kepada personel TNI yang sudah bekerja dengan baik dan maksimal dalam mengerjakan perbaikan saluran di Jalan Merpati, juga warga yang telah membantu secara swadaya. Di mana, hasil pekerjaan perbaikannya rapi dan kualitasnya tidak kalah dengan apa yang dikerjakan pemborong.

 

Kualitasnya sama, menggunakan teknik gali langsung tutup. Galian juga langsung dibuang. Sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas. Setelah saluran diperbaiki,  masyarakat agar ikut memelihara dengan sering membersihkan saluran. Dengan begitu, saluran akan lancar dan bisa mengantisipasi terjadinya genangan banjir,” kata Edy.

 

Sementara itu, Lurah Pekauman Rudi Pratikno mengungkapkan, separuh volume saluran di Jalan Merpati sebelumnya pernah diperbaiki melalui Program TMMD Sengkuyung Tahun 2022. Kondisi saluran yang mengalami pendangkalan menyebabkan aliran airnya tidak lancar. Karena itu, sering menimbulkan genangan banjir di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Rancang Desa Bertema, Dinas Permades Tegal Ubah Sudut Pandang OPD dalam Perencanaan Pembangunan

 

Dalam perbaikan saluran ini, warga Kelurahan Pekauman secara swadaya menyediakan natura dan menyumbang tenaga. Program TMMD berupa perbaikan saluran sangat bermanfaat untuk mempercepat pembangunan, khususnya di Kelurahan Pekauman, mengingat terbatasnya anggaran Pemerintah Kota Tegal. Rudi berharap Program TMMD berlanjut.

 

Kami berharap Program TMMD berlanjut karena masih banyak lokasi sasaran yang perlu disentuh Program TMMD maupun program pemerintah lainnya. Setelah pekerjaan sudah terealisasikan, saya berharap masyarakat bisa menjaga dan memelihara dan terus bersama-sama melanjutkan gotong royong dengan menjaga lingkungannya,” ujar Rudi.

 

Babinsa Kelurahan Pekauman Kopda Akhmad Ramedhon menyampaikan terima kasih kepada camat dan sekretarisnya serta lurah yang telah menyediakan waktu untuk meninjau perbaikan saluran. Perbaikan saluran ini ditangani 24 personel dari Koramil 1 hingga Koramil 22. Ramedhon juga berterima kasih kepada pemerintah dan warga yang telah mendukung.

 

“Ini sebagai wujud kemanunggalan dengan rakyat,” ungkap Ramedhon.

 

Program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2024 Wilayah Kodim 0712/Tegal dibuka Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri di Halaman Kantor Samsat Kota Tegal, Rabu (8/5) lalu. Pj Wali Kota menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada TNI/Polri serta seluruh jajaran yang akan melaksanakan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II ini.

BACA JUGA:Giliran STAI Brebes Deklarasi Anti Narkoba, Satgas dan Relawan Anti Narkoba Segera Dibentuk

 

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan penuh semangat dan tanggung jawab dengan tujuan mencapai percepatan pembangunan di tiap-tiap daerah. Hal ini sesuai dengan tema Program TMMD Sengkuyung Tahap II yaitu Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: