Pemkot Tegal Penuhi Kebutuhan Gizi Keluarga dengan Konsumsi Ikan

Pemkot Tegal Penuhi Kebutuhan Gizi Keluarga dengan Konsumsi Ikan

PEMANTAUAN - Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri bersama Kepala DKPPP Kota Tegal Sirat Mardanus melakukan pemantauan di tempat pengolahan ikan di Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal.-DOK.-

TEGAL, DISWAYJOGJA - Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) adalah program nasional yang dicanangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan mulai 2004. Tujuannya adalah untuk mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini, karena banyaknya kandungan gizi pada ikan yang penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan.

Selain itu, Gemarikan juga bertujuan untuk meningkatkan permintaan masyarakat atas produk perikanan, sehingga berimplikasi pada peningkatan konsumsi ikan.

BACA JUGA:Kecil-kecil Bergizi! Ini Manfaat dan Jenis-jenis Kurma yang Patut Untuk di Coba!

Sebagai salah satu wilayah di pesisir Pantai Utara Jawa Tengah, produksi perikanan Kota Tegal tergolong besar, baik dari perikanan tangkap maupun perikanan budidaya. Pada 2023, produksi perikanan tangkap mencapai 39.212,57 ton dan produksi perikanan budidaya 602 ton. Banyaknya produksi perikanan ini merupakan sumber pangan dalam mencukupi kebutuhan protein hewani.

Dengan Gemarikan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan (DKPPP) Kota Tegal berharap semakin banyak masyarakat yang mengkonsumsi ikan, sehingga meningkat pula konsumsi ikan di Kota Tegal. Sehubungan dengan itu, Gemarikan perlu dikampanyekan sejak dini, mulai dari tingkat TK dan Sekolah Dasar.

Kami berharap melalui gerakan ini dapat menumbuhkan kesadaran, melatih dan membiasakan gemar makan ikan sejak dini, untuk meningkatkan potensi kesehatan dan kecerdasan penerus bangsa,” kata Kepala DKPPP Sirat Mardanus didamping Kepala Bidang Perikanan Anindya Widyastuti di Kantor DKPPP, Jalan Lele, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Rabu, 5 Juni 2024.

BACA JUGA:6 Resep Masakan Dari Cumi Untuk Menu Berbuka Puasa, Lezat dan Bergizi!

Dijelaskan, cara peningkatan konsumsi ikan antara lain dengan meningkatkan infrastruktur untuk memperbaiki kualitas dan ketersediaan komoditas makanan yang berbahan dasar ikan, menetapkan peraturan pemerintah tentang praktik perikanan berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, keberlanjutan dan kualitas ikan, dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya konsumsi ikan.

Menurut Sirat, dengan melakukan pengolahan ikan dapat menambah cita rasa, menambah nilai nutrisi, menambah nilai kenampakan, membentuk tekstur, dan memperpanjang umur simpan ikan. Sebagaimana diketahui, produk perikanan merupakan produk yang cepat mengalami kemunduran mutu, sehingga nilainya menjadi rendah apabila tidak segera dilakukan penanganan dan pengolahan yang baik.

Untuk menghasilkan produk perikanan yang bermutu dan aman dikonsumsi, dalam penanganan maupun pengolahan ikan diterapkan Cara Pengolahan Ikan yang Baik (CPIB). Penerapan ini pada unit-unit pengolahan ikan akan menghasilkan produk olahan ikan yang bermutu dan aman untuk dikonsumsi dengan bukti Sertifikat Kalayakan Pengolahan (SKP).

“Pada 2024, DKPPP mengadakan Kampanye Gemarikan yang merupakan gerakan moral dengan memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas,” ujar Sirat.

BACA JUGA:Ibu-ibu Wajib Tahu: Berikut Tips Membersihkan dan Merapikan Kulkas Agar Bersih

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang bagus untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Kandungan lemak baik, yaitu asam lemak omega-3 dan DHA mampu menjaga kesehatan otak dan jantung anak serta meningkatkan daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit.

Omega-3 berperan dalam menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Efek omega-3 yang dihasilkan baik untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang terjadi akibat adanya penumpukan kolesterol.

Gemarikan dilaksanakan dalam rangka Sub Kegiatan Peningkatan Ketersediaan Ikan Untuk Konsumsi dan Usaha Pengolahan Ikan Dalam Satu Daerah Kabupaten atau Kota Tahun Anggaran 2024. Maksud dan tujuan Sub Kegiatan ini yaitu upaya untuk meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) dan upaya penurunan angka stunting di Kota Tegal.

Kepala Bidang Perikanan Anindya Widyastuti menyampaikan, kegiatan tersebut rencananya bakal diadakan September 2024 berupa pemberian paket olahan ikan kepada ibu hamil atau ibu menyusui dan anak sekolah. Untuk lokasi kegiatan Kampanye Gemarikan akan dilaksanakan di Kelurahan Margadana, Kecamatan MargadanaBanyaknya paket olahan ikan yang akan diberikan sebanyak 120 paket,” ungkap Anindya.

Selain pemberian paket olahan ikan, pada 2024 DKPPP juga akan mengadakan pelatihan pengolahan ikan sebagai upaya diversifikasi produk perikanan. Sedangkan untuk meningkatkan mutu produk perikanan diadakan sosialisasi standar mutu dan keamanan hasil perikanan. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: