9 Tips Membersihkan dan Merawat Merek Kulkas Terbaik Ukuran Mini, Dijamin Lebih Awet

9 Tips Membersihkan dan Merawat Merek Kulkas Terbaik Ukuran Mini, Dijamin Lebih Awet

Tips Membersihkan dan Merawat Merek Kulkas Terbaik Ukuran Mini Agar Awet-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik ukuran mini merupakan kulkas kecil berukuran kurang dari 100 liter. Meski ukurannya kecil, kulkas ini juga memerlukan perawatan yang maksimal agar lebih awet.

Merek kulkas terbaik ukuran mini digunakan sebagai kulkas tambahan untuk tempat penyimpanan makanan dan minuman yang memudahkan.

Merek kulkas terbaik ukuran mini biasanya diletakkan di ruangan lain selain dapur. Kulkas jenis ini cocok digunakan bagi kamu yang tinggal sendiri dan mempunyai dapur kecil.

Ukurannya yang mungil membuat merek kulkas terbaik ukuran mini tidak memakan banyak tempat. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan kulkas biasa.

Berikut 9 tips membersihkan dan merawat merek kulkas terbaik ukuran mini agar awet :

1. Bersihkan dan Keringkan Sekat Pembatas Kulkas

Kulkas mini mempunyai sekat atau pembatas ruangan yang berguna untuk menyimpan berbagai makanan. Sebelum dibersihkan, lepaskan semua bagian kulkas termasuk sekat, lalu keluarkan, setelah itu bersihkan kulkas dengan menyeluruh.

Setelah sekat dicuci, keringkan lalu pasang kembali. Kamu bisa mencuci sekat menggunakan air hangat agar kuman dan bakteri yang menempel bisa terbuang sempurna.

2. Lap Semua Permukaan Kulkas

Gunakan tisu basah atau lap kain bersih yang dicampur dengan sabun dan air hangat untuk membersihkan semua bagian kulkas. Selain itu, kamu juga bisa gunakan kain microfiber dan spons sehingga tidak menyebabkan serpihan serat di dalam kulkas. Setelah semua bagian kulkas dilap, keringkan agar tidak ada bagian yang terkena air dan menyebabkan karat.

3. Cara Menghilangkan Noda Membandel

Bersihkan noda yang membandel menggunakan campuran bubuk baking soda atau soda kue dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan campuran tersebut di noda membandel dan diamkan kurang lebih 1 jam. Gunakan spons atau kain basah untuk membersihkannya agar noda bisa terangkat sempurna tanpa sisa.

BACA JUGA : 10 Tips Sederhana Merawat Merek Kulkas Terbaik Di Rumah Agar Lebih Hemat Listrik

4. Nyalakan dalam 1 Jam

Nyalakan merek kulkas terbaik selama 1 jam sampai suhu di dalamnya stabil dan dingin. Setelah itu masukkan kembali makanan yang sudah dikeluarkan sebelumnya.

5. Pastikan Pintu Kulkas Tertutup Rapat

Pastikan pintu kulkas tertutup dengan rapat. Kulkas mempunyai suhu yang lebih rendah dari ruangan. Dengan menutup pintu kulkas dengan rapat, bisa menjaga suhu di dalam kulkas agar tetap dingin dan mencegah terjadi kebocoran udara.

6. Isi Sesuai Kapasitas Jangan terlalu berat

Makin banyak isi di dalam kulkas, sirkulasi udara di dalam kulkas menjadi berkurang yang bisa menyebabkan kulkas tidak dingin. Jangan meletakkan botol besar dan berat di rak bagian depan pintu kulkas. Karena beban botol yang terlalu berat bisa membuat pintu kulkas cepat rusak.

7. Periksa Temperatur Kulkas

Periksa dan atur termperatur setelah  terjadi pemadaman listrik dan saat setelah membersihkan kulkas. Suhu di dalam kulkas sebaiknya tidak lebih dari 4 derajat celsius supaya makanan tidak cepat basi.

Untuk freezer suhunya di bawah 0 derajat celsius. Sehingga kulkas tidak akan bekerja terlalu keras untuk mempertahankan kebekuan es. Dengan begitu, es di dalam kulkas tidak akan mudah mencair.

BACA JUGA : 10 Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin Hanya Keluar Angin, Begini Solusinya

8. Jangan Masukkan Makanan atau Minuman Panas Ke Dalam kulkas

Jangan memasukkan makanan dan minuman yang panas ke dalam kulkas. Apalagi menggunakan wadah kaca, karena hal ini sangat berbahaya. Perubahan suhu dari panas ke dingin yang drastis bisa membuat wadah kaca pecah.

Makanan dan minuman juga akan cepat basi dan bisa mengacaukan teperatur suhu kulkas. Suhu panas dari makanan dan minuman akan membuat kulkas bekerja dengan lebih keras untuk membuat suhu di dalam kulkas selalu dingin.

9. Jangan Buka Pintu Kulkas Saat Listrik Mati

Apabila listrik mati dalam waktu lama, pertahankan suhu dingin di dalam kulkas dengan cara tidak membuka pintu kulkas selama seharian. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan supaya isi kulkas tetap segar dan tidak cepat basi.

Itulah beberapa tips membersihkan dan merawat merek kulkas terbaik ukuran mini agar awet. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: