10 Tips Sederhana Merawat Merek Kulkas Terbaik Di Rumah Agar Lebih Hemat Listrik

10 Tips Sederhana Merawat Merek Kulkas Terbaik Di Rumah Agar Lebih Hemat Listrik

Tips Sederhana Merawat Merek Kulkas Terbaik Di Rumah Agar Lebih Hemat Listrik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Sepanjang waktu merek kulkas terbaik di rumah menyedot energi listrik cukup besar, sebagaimana perannya yang sangat krusial. Sehingga dalam beberapa tahun terakhir terdapat sejumlah brand yang menawarkan produknya yang lebih hemat listrik dan ramah lingkungan. Salah satu teknologi hemat energi yang diperkenalkan yaitu Linear Compressor Refrigerator.

Teknologi ini diklaim mampu menghemat listrik hingga 41%. Linear Compressor Refrigerator merupakan teknologi kompresor linear yang bekerja dengan gerakan searah. Berbeda dengan kompresor pada merek kulkas terbaik pada umumnya yang bekerja dengan gerakan dua arah. Dengan teknologi ini kulkas berhasil menghemat energi yang lebih besar.

Selain itu, terdapat juga brand yang menawarkan produknya dengan pemakaian daya listrik lebih rendah. Ada juga merek kulkas terbaik hemat energi yang kinerjanya lebih fleksibel disebut inverter ataupun produk kulkas yang telah bebas freon sehingga ramah lingkungan.

Inovasi tersebut  terus dilakukan oleh para produsen untuk menghasilkan kulkas yang bisa menurunkan beban energi. Termasuk dengan kompresor yang diklaim bisa menghemat energi. Terlepas dari itu semua, merek kulkas terbaik yang boros listrik bisa juga ditentukan dari cara penggunaannya.

Berikut 10 tips sederhana merawat merek kulkas terbaik di rumah agar lebih hemat listrik :

1. Jangan sering membuka pintu kulkas

Jangan sampai membiarkan pintu kulkas terlalu sering terbuka atau terbuka dalam waktu lama. Jika keseringan melakukan ini pasti akan memakan energi listrik yang besar. Karena kinerja kompresor akan meningkat sehingga penggunaan listrik akan naik juga. Bahwa setiap menit membuka kulkas, dibutuhkan 3 menit full energi untuk mengembalikan suhu kulkas ke suhu sesuai yang diinginkan.

2. Pastikan pintu kulkas tertutup dengan rapat

Tidak jarang pintu kulkas tidak tertutup rapat. Oleh karena itu, pastikan pintu kulkas selalu tertutup dengan rapat. Periksa dengan baik posisinya setiap kali selesai mengambil atau meletakkan sesuatu ke dalam kulkas.

Kamu bisa melakukan trik sederhana yaitu dengan cara mengganjal sesuatu di bawah kaki kulkas pada bagian depan. Sehingga, kulkas akan berada di posisi miring ke belakang, hal ini akan memudahkan pintunya tertutup dengan rapat setiap saat.

3. Atur suhu kulkas sesui kebutuhan di dalamnya

Atur suhu kulkas sesuai dengan kebutuhan yaitu sesuaikan dengan isinya. Jika bahan makanan yang di simpan di dalam kulkas tidak banyak, kamu bisa mengatur posisi suhunya suhunya pada skala minimal.

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Bebas Dari Bakteri

4. Jangan memasukkan makanan panas

Banyak yang salah dan mengira jika kulkas bisa memaksa makanan atau minuman yang masih panas akan jadi dingin seketika. Padahal, memasukkan makanan dan minuman dalam keadaan masih panas justru akan memaksa kinerja kulkas lebih keras dan kulkas akan menyerap energi listrik lebih besar. Selain membuat kulkas boros listrik, keseringan melakukan tindakan tersebut berpotensi merusak kulkas.

 5. Atur peletakkan kulkas

Perlu diperhatikan bahwa posisi merek kulkas terbaik idealnya jauh dari sumber panas seperti kompor gas, oven dan sumber panas lainnya. Beri jarak setidaknya 5 sampai 7 cm dari dinding. Hal ini sangat penting agar udara bisa bebas beredar di sekitarnya.

6. Simpan makanan dalam wadah

Saat ini, sudah banyak wadah makanan berbagai macam ukuran yang tersedia di pasaran. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk menghemat listrik sekaligus memperbaiki letak penataan isi kulkas. Simpan makanan dalam wadah sesuai ukurannya, lalu baru masukkan ke dalam kulkas.

7. Susun isi kulkas dengan teratur

Isi kulkas dengan tersusun rapi sesuai peruntukannya. Contohnya, daging atau ikan diletakkan di bagian rak paling atas. Beri ruang antara makanan atau wadah supaya sirkulasi udara tetap dapat berjalan dengan baik.

8. Cek isi kulkas

Perhatikan isi kulkas jangan sampai terlalu penuh. Keluarkan bahan makanan yang mungkin harus dikeluarkan. Sehingga kinerja kulkas akan lebih efisien jika isinya tetap terjaga dan tidak sesak atau terlalu penuh.

BACA JUGA : 9 Tips Mudah Merawat Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Ampuh Hilangkan Bau

9. Cek karet penutupnya

Kamu perlu mengecek karet penutup kulkas setiap waktu dan pastikan berfungsi dengan normal yaitu bisa menutup rapat. Karet penutup yang masih normal akan dapat menjepit selembar kertas. Jika kertas mudah ditarik, berarti waktunya ganti karet penutup.

10. Cek kebersihan kulkas

Bersihkan bagian dalam merek kulkas terbaik dengan rutin. Setidaknya mengeluarkan bekas kemasan makanan atau bahan makanan yang sudah terlalu lama disimpan.

Itulah beberapa tips sederhana merawat merek kulkas terbaik di rumah agar lebih hemat listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: