10 Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin Hanya Keluar Angin, Begini Solusinya

10 Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin Hanya Keluar Angin, Begini Solusinya

Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin Dan Hanya Keluar Angin-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik merupakan salah satu barang elektronik rumah tangga yang sangat penting untuk mendinginkan ruangan.

Namun terkadang terjadi masalah yang membuat merek AC terbaik tidak bisa berfungsi dengan optimal.

Bahkan, kadang merek AC terbaik terasa tidak dingin dan hanya keluar angin.

Berikut 10 penyebab merek AC terbaik tidak dingin dan hanya keluar angin beserta solusinya :

1. Freon AC Habis atau Kurang

Kekurangan freon terjadi karena memang sudah waktunya diisi ulang atau adanya kebocoran di jalur pipa sirkulasi. Jika freon bocor, kamu harus menambalnya dahulu baru mengisi ulang.

Freon AC mengandung zat klorin, hidrogen, dan broming yang menghasilkan udara dingin. Kadar freon harus rutin dicek tiap 3-4 bulan sekali supaya kinerja AC tetap maksimal.

2. Luas Ruangan Tak Sesuai dengan Kapasitas AC

Lakukanlah pengukuran ruangan dahulu sebelum membeli AC. Apabila ruangan terlalu besar, AC yang kecil tidak akan bisa membuat ruangan jadi dingin.

Untuk ruangan 3×3 meter kamu bisa gunakan AC 1/2 Pk, untuk ruangan 3×6 meter pakai  AC 1 Pk, dan ruangan 6×6 meter bisa gunakan AC 2 PK.

3. Filter AC Tertutup oleh Debu

Filter AC berguna menyaring kotoran yang ada di dalam udara AC. Bersihkan filter indoor minimal satu minggu sekali.

Untuk servis perawatan AC bisa kamu lakukan minimal 3 bulan sekali untuk AC rumah dan 2 bulan sekali untuk AC perkantoran.

BACA JUGA : 7 Tips Menyimpan Daging Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Kualitasnya Tetap Terjaga

4. Pintu dan Jendela Sering Terbuka

Saat AC dinyalakan, pintu dan jendela jangan dibiarkan terbuka, karena akan mempengaruhi suhu ruangan sehingga ruangan terasa tidak dingin. Kamu perlu menutup celah pintu dan jendela secara rapat.

5. Ampere Kompresor Melebihi Batas yang Normal

Penyebab lainnya bisa karena kapasitor rusak atau ampere kompresor yang melebihi batas normal. Kamu bisa cek ampere dengan menggunakan tang ampere.

Caranya, jepit rahang tang ampere ke kabel ( – ) dan kabel ( + ) pada kabel kiriman Outdoor. Posisikan saklar clamp meter di posisi A dan jika angka yang keluar melebihi batas A, berarti kompresor AC lemah dan harus diganti.

6. Kondisi Ruangan

Ruangan yang temboknya terbuat dari campuran pasir dan semen lebih terasa panas. Ruangan dengan dinding kaca yang banyak juga akan panas karena paparan sinar matahari langsung. Pada ruangan seperti ini, kinerja AC tidak maksimal dan lebih baik kamu ganti menggunakan kipas angin.

7. Kondensor AC yang Kotor

Kondensor terletak di luar AC, berguna memanaskan freon di suhu tertentu. Kamu harus membersihkan kondensor dengan rutin agar AC bisa dingin lagi. Caranya, kamu bisa menggunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran, kemudian siram dengan air secara perlahan.

Jika kamu tidak menggunakan merek AC terbaik dalam waktu yang lama, tutup kondensor dengan menggunakan kain supaya  kondensor tidak menjadi penyebab AC yang  tidak dingin.

8. Pengaturan Remote AC

Pastikan mode yang digunakan adalah mode cool supaya AC dingin, hal ini ditandai dengan simbol bintang di layar. Jika modenya Dry, mesin hanya menyalakan motor FAN dan unit Outdoor tidak akan mendapat kiriman arus listrik.

Aktifkan juga mode kipas atau fan dengan pengaturan yang maksimal supaya aliran udara dingin bisa lebih merata.

BACA JUGA : Cukup Pakai Remote, Tips Mengatur Merek AC Terbaik, Dijamin Lebih Dingin Namun Tetap Hemat Listrik

9. Komponen PCB Rusak

Printed Circuit Board PCB merupakan komponen yang mengantarkan arus listrik untuk menyalakan kompresor AC. Jika papan PCB rusak dapat menyebabkan AC tidak dingin dan hanya keluar angin. Untuk mengatasinya bisa melakukan service PCB atau ganti dengan yang baru.

10. Evaporator AC yang Membeku

Sistem evaporator yang beku akibat terlalu lama digunakan bisa membuat AC kurang dingin. Untuk mengatasinya, kamu dapat memasang timer supaya pendingin udara tidak bekerja secara terus menerus. Atur supaya AC mati setelah 3-4 jam digunakan atau saat udara sudah terasa sejuk.

Itulah beberapa penyebab merek AC terbaik tidak dingin dan hanya keluar angin beserta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: