Kick Off Manajemen Talenta PNS, Selaraskan Kompetensi ASN dan Kebutuhan Strategis Organisasi

Kick Off Manajemen Talenta PNS, Selaraskan Kompetensi ASN dan Kebutuhan Strategis Organisasi

Sekda DIY Beny Suharsono saat memberikan sambutan pada acara acara Kick Off Manajemen Talenta Pegawai Negeri Sipil (PNS)-DOK.-

DISWAYJOGJA – Pemda DIY mengadakan acara Kick Off Manajemen Talenta Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa, 28 Mei 2024.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah DIY Beny Suharsono mengatakan, manajemen talenta di Pemda DIY bukan sekadar inisiatif, melainkan revolusi dalam cara memandang dan mengelola sumber daya manusia yang ada. Melalui Pancamulia, kebijakan yang cermat dan sistem yang kokoh dapat memastikan keselarasan antara kompetensi ASN dan kebutuhan strategis organisasi.

BACA JUGA:328 PNS Pemda DIY Terima SK Pensiun, Sri Paduka; Harus Disambut Sumeleh dan Penuh Syukur

Beny menyampaikan, Pemda DIY telah merancang sebuah sistem yang kokoh dan berintegrasi dengan kebijakan yang cermat. Sejalan dengan itu, Peraturan Gubernur DIY yang telah ditetapkan, dari Nomor 88 Tahun 2020 hingga Nomor 50 Tahun 2022, mencerminkan komitmen Pemda DIY untuk membangun masa depan yang lebih baik melalui pengembangan talenta.

Menurut dia, hal Ini menjadi dasar yang kuat untuk menciptakan pemimpin masa depan, dan memastikan keselarasan antara kompetensi ASN dan kebutuhan strategis organisasi.

“Kita telah melangkah lebih jauh dengan mengembangkan Si Maca Ageng, sebuah sistem informasi manajemen talenta yang revolusioner. Ini adalah langkah konkret, untuk memastikan bahwa kita memiliki data yang akurat dan relevan untuk setiap individu dalam organisasi kita. Dengan ini, kita bisa mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan talenta terbaik kita. Ini adalah investasi kita untuk masa depan yang gemilang,” ungkap Beny.

Beny mengatakan, nantinya akan melakukan seleksi mutasi, akuisisi talenta eksternal, dan evaluasi implementasi manajemen talenta. Ini merupakan tindakan nyata yang membawa perubahan signifikan. Hal itu dipastikan bahwa setiap langkah yang diambil dengan penuh integritas dan transparansi, menjunjung tinggi prinsip meritokrasi.

”Saya tidak akan menghindar dari kenyataan bahwa kita akan menghadapi tantangan. Penguatan komitmen dari seluruh Perangkat Daerah, pemenuhan kebutuhan infrastruktur, dan transisi implementasi UU ASN yang baru adalah beberapa di antaranya. Namun, dengan semangat gotong royong dan komitmen bersama, kita akan menghadapi dan mengatasi setiap tantangan tersebut. Dan mari kita bersama-sama mengubah wajah pemerintahan kita,” kata Beny.

BACA JUGA:Kuota Melimpah! Segera Cek Formasi CPNS dan PPPK 2023, Buka Link Lengkap di Sini

Beny mengajak seluruh kepala perangkat daerah di lingkup Pemda DIY secara paralel, untuk memosisikan manajemen talenta sebagai enabler perwujudan Pancamulia. Agar Pemda DIY dapat menjadi teladan dalam manajemen talenta yang efektif dan efisien.

“Kita memiliki visi yang jelas, kebijakan yang kokoh, dan sistem yang canggih. Saatnya kita bergerak maju dengan penuh semangat dan keyakinan. Saya yakin, dengan komitmen kita semua, kita akan menciptakan masa depan yang lebih cerah untuk Yogyakarta dan Indonesia,” imbuhnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: