Awet Hingga Jangka Panjang, Berikut Cara Merawat AC Dengan Mudah

Awet Hingga Jangka Panjang, Berikut Cara Merawat AC Dengan Mudah

Cara merawat AC--Blibli.com

DISWAY JOGJA - Dalam menggunakan AC, perlu adanya merawat AC. Hal ini sudah menjadi suatu keharusan jika memiliki AC. 

Penggunaan AC akan lebih baik jika dalam merawat AC dilakukan secara rutin. Apalagi tinggal di Indonesia yang terkadang mempunyai cuaca terik dan panas. 

Untuk itu, pengguna perlu merawat AC mulai dari hal-hal yang dianggap sepele. Mungkin bagi pengguna hal tersebut kecil dan tidak berpengaruh apa-apa terhadap AC, namun hal kecil itu jika secara terus menerus dilakukan dapat merusak AC. 

BACA JUGA : Kenali Faktor Penyebab Merek AC Terbaik Milik Anda Kurang Bekerja Secara Optimal, Simak Tips Berikut

Nah berikut ada 5 cara merawat AC, jangan anggap sepele lagi ya kali ini. Apa saja itu? Berikut informasinya. 

1. Nyalakan AC pada ruangan tertutup

Tidak seperti kipas angin, AC harus dihidupkan dengan tempat yang tertutup. Mengapa demikian? Karena suhu dingin yang dihasilkan AC akan lebih terasa ketika ruangan dalam keadaan tertutup atau rapat. Hal ini juga berpengaruh dalam kinerja AC, ketika ruangan terbuka, AC akan memaksimalkan kinerjanya dan membuatnya lebih cepat rusak. Meski tidak secara langsung, namun lebih baik dicegah ya, apalagi jika secara terus menerus. 

2. Jangan nyalakan AC di suhu kurang dari 22°

Jangan menyalakan AC di suhu kurang dari 22° ya. 22° tersebut disebut suhu normal pada penggunaan AC, tepat untuk cuaca di Indonesia, masih mendapatkan ruangan dengan suhu nyaman tidak kedinginan atau kepanasan. Ketika pengguna menyalakan AC dengan suhu kurang dari 22° akan membuat kinerja AC menjadi cepat rusak karena mesin sering panas. Baiknya hindari ya. 

BACA JUGA : Anda Penyuka Strawbery, Simak Cara Menyimpannya Dalam Kulkas yang Benar, Dijamin Tahan Lama

3. Bersihkan AC secara rutin

Bersihkan AC 3 bulan sekali jika pemakaian AC kamu tidak secara rutin setiap hari. Namun, jika penggunaan AC kamu rutin, baiknya bersihkan 1 bulan sekali. Bersihkan filter AC dari debu-debu untuk menghilangkan bakteri atau jamur. Jika tidak kamu cek dan bersihkan, filter AC bisa menjadi sarang bakteri sehingga penggunaan AC di dalam ruangan tidak akan membuat nyaman. Cek rutin juga freon yang terdapat dalam AC antara 6 bulan sekali agar penggunaan AC bisa lebih maksimal. 

4. Pasanglah timer AC ketika dihidupkan

Hal ini berfungsi agar penggunaan AC kamu tidak terlalu sering. Biasanya mesin AC akan panas jika kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan timer AC akan secara otomatis mati dengan sendirinya tidak perlu kamu matikan, tentu saja bermanfaat untuk kamu dengan mengurangi kinerja AC agar tidak cepat rusak. 

5. Matikan AC jika sudah tidak digunakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: