Anti Ribet, Berikut Cara Mudah Membersihkan Merek AC Terbaik Outdoor Sendiri

Anti Ribet, Berikut Cara Mudah Membersihkan Merek AC Terbaik Outdoor Sendiri

Cara Mudah Membersihkan Merek AC Terbaik Outdoor Sendiri-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - AC merupakan perangkat yang sangat penting yang ada di dalam rumah untuk membantu menjaga suhu udara di ruangan kamu agar tetap nyaman. Supaya kinerja merek AC terbaik tidak terganggu, kamu perlu mengetahui cara membersihkan AC outdoor sebagai langkah yang penting.

Merek AC terbaik outdoor yang berada di luar rumah, sering diabaikan oleh sebagian orang. Padahal, hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan debu, kotoran, bahkan hama.

Pada akhirnya, bisa mengganggu kinerja merek AC terbaik kamu dan akan meningkatkan biaya listrik kamu.

Berikut cara membersihkan merek AC terbaik outdoor sendiri dengan efektif :

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai melakukan pembersihan, pastikan kamu sudah menyiapkan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan dantaranya seperti :

- Sikat yang lembut atau sikat pipa digunakan untuk membersihkan kipas dan saringan udara.

- Ember yang berisi air sabun lembut digunakan untuk membersihkan bagian yang kotor.

- Lap yang kering atau handuk digunakan untuk mengeringkan bagian yang basah.

- Sarung tangan dan kacamata pelindung digunakan untuk melindungi diri kamu dari kotoran dan debu.

2. Matikan Daya Listrik AC

Sebelum kamu membersihkan AC outdoor, jangan lupa untuk mematikan daya listriknya terlebih dahulu. Hal tersebut merupakan langkah yang penting sebagai tindakan keamanan, dan untuk menghindari dari risiko terjadinya kejutan listrik atau cedera ketika kamu membersihkan perangkat.

3. Bersihkan Saringan Udara dan Kipas

Cara membersihkanya yaitu :

- Pakai sikat yang lembut untuk membasmi kotoran dan debu yang menempel pada saringan udara.

- Lalu, pakai sikat pipa untuk membersihkan kipas dari debu yang menempel.

- Pastikan membersihkannya dengan cara yang lembut supaya tidak merusak bagian-bagian yang sensitif.

4. Cuci Bagian Luar AC

Setelah kamu membersihkan saringan udara dan kipas, lanjut mencuci bagian luar AC dengan menggunakan air sabun yang lembut.

Pakai ember yang diisi dengan campuran air sabun untuk membersihkan seluruh permukaan AC.

Jangan lupa untuk membilasnya dengan menggunakan air yang bersih dan keringkan dengan menggunakan lap atau bisa juga gunakan handuk.

5. Periksa Kondisi Pipa dan Kabel

Ketika kamu membersihkan AC outdoor, cek pipa dan kabel yang terhubung ke unit. Pastikan bahwa ada yang retak atau rusak di pipanya, dan pastikan juga kabel tersebut terhubung dengan benar. Apabila kamu menemukan masalah, segera untuk menghubungi teknisi AC agar dilakukan perbaikan.

BACA JUGA : Penyebab Merek AC Terbaik Daikin Tidak Dingin, Begini Cara Mengatasinya

6. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Tetap lakukan pemeriksaan secara rutin dan bersihkan AC outdoor secara berkala. Hal ini akan membantu kinerja AC agar tetap terjaga dan mencegah terjadinya masalah yang lebih serius di suatu saat nanti.

Jika kamu membersihkan AC outdoor dengan teratur, kamu tidak hanya menjaga kinerja AC agar tetap optimal, tetapi juga bisa mengurangi risiko kerusakan dan bisa meningkatkan kualitas udara di dalam rumah kamu.

Hal ini menjadi langkah yang penting dalam perawatadan dan pemeliharaan AC yang harus diperhatikan oleh pemiliknya

Berikut alasan penting membersihkan AC outdoor dengan rutin :

- Menjaga Kinerja agar tetap Optimal. Apabila di bagian luar AC terlalu kotor, hal tersebut bisa mengganggu aliran udara dan bisa mempengaruhi kinerja seluruh sistem pendingin.

- Mencegah Kerusakan. Penumpukan kotoran, debu, dan hama pada bagian luar AC bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen AC seperti kipas dan kompresor.

- Menjaga Kualitas Udara. Apabila terlalu kotor, AC outdoor bisa memompa udara yang tercemar ke dalam rumah kamu, sehingga akan mengurangi kualitas udara di dalam ruangan kamu dan bisa berpotensi kesehatan penghuni rumah jadi terganggu.

- Efisiensi Energi. AC yang kotor cenderung membutuhkan lebih banyak energi untuk beroperasi, karena AC harus bekerja dengan lebih keras untuk mendinginkan udara.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas untuk membersihkan merek AC terbaik outdoor, kamu bisa membersihkan AC outdoor dengan mudah, dan bisa menghemat biaya.

Selain itu, dengan melakukan perawatan rutin akan membantu memperpanjang umur AC kamu dan menjaga kualitas udara yang dihasilkan AC di dalam rumah kamu jadi tetap bersih dan sehat.

Itulah beberapa mudah yang bisa kamu lakukan sendiri untuk membersihkan merek AC terbaik outdoor. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: